Teknologi
Sabtu, 29 Maret 2014 - 19:30 WIB

Inilah Smartphone Pertama Pengusung RAM 4 GB

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ZTE Grand S II (softpedia.com)

Solopos.com, SOLO — Pabrikan ponsel asal China, ZTE, mengeluarkan ponsel kelas high-end yang mengusung kapasitas RAM terbesar saat ini, yakni 4 Gb. Langkah ini terbilang spekulatif mengingat pada kelas yang sama, Samsung, LG dan Apple telah menancapkan taringnya lebih dalam.
Ubgergizmo, Sabtu (29/3/2014), melaporkan awalnya perangkat ini diumumkan dengan spesifikasi layar 5,5 inci FHD, SoC Snapdragon 800 quadcore 2,3 GHz, dan RAM 2 GB. Hasil tes benchmark-nya pun cukup impresif, yaitu dengan skor Antutu sebesar 34.000. Dengan catatan tersebut, perangkat ini mampu menandingi Sony Xperia Z1, LG G2, dan perangkat dengan spek sejenis.

Namun baru-baru ini Grand S II mendapat sertifikasi dari TENNA, lembaga telekomunikasi di Tiongkok. TENNA mengunggah sejumlah gambar dan bocoran spek. Bocoran spek mirip dengan laporan sebelumnya, namun terlihat Grand S II menggunakan RAM sebesar 4GB. Ini adalah pertama kali smartphone menggunakan RAM sebesar itu.

Advertisement

Sebagai perbandingan, seperti dikutip Teknoup, Apple Iphone pertama yang rilis pada tahun 2007, menggunakan RAM 128 MB. Saat ini perangkat mobile dengan RAM terbesar adalah Samsung Galaxy Note 3 dan Note 10.1 2014, serta Sony Xperia Z2 dengan masing-masing RAM sebesar 3GB.

Selain spek yang disebut di atas, ZTE Grand S II akan mengusung kamera belakang 13MP dan depan 2MP, serta baterai 3.000 mAh untuk menopang Android 4.3 di perangkat tersebut. Selain hardware, fitur lain yang diunggulkan dari Grand S II adalah voice recognition atau pengenal suara. Fitur pengenal suara ini cukup unik karena bisa mengenali suara dari pengguna yang berbeda.

Grand S II diperkenalkan di perhelatan Consumer Electronic Show 2014 di Las Vegas. Ponsel ini diklaim sedikit di atas Galaxy S5. “Grand S II wujudnya cantik, desainnya slim, spesifikasi tinggi, sepertinya lebih baik kalau dibandingkan Galaxy S4. Mungkin baru bisa ditandingkan dengan Galaxy S5 nanti,” kata Global Marketing Director Mobile Devices Business Group ZTE Corporation di Hong Kong, LV Qianho.

Advertisement

Grand S II direncanakan rilis di pasaran pada kuartal I 2014 ini. Pemasaran akan dilakukan secara bertahap di sejumlah negara, rencananya juga termasuk Indonesia.

Salah satu strategi yang diusung ZTE adalah harga ponsel yang terjangkau, tidak terkecuali dengan Grand S II. Sebagai gambaran, Grand S II dijual sekitar 450 dolar AS atau sekitar Rp4,9 jutadi China. Mengingat ponsel ini berada di kelas high-end maka bandrol ini cukup terjangkau.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif