News
Jumat, 28 Maret 2014 - 11:18 WIB

NYEPI 2014 : Rayakan Melasti, Umat Hindu Padati Pantai Kuta

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/Bisnis/Paulus Tandi Bone)

Solopos.com, KUTA — Pantai Kuta, Kabupaten Badung, dipadati umat Hindu dari berbagai daerah di Bali untuk menunaikan ritual Melasti, Jumat (28/3/2014) pagi.

Ribuan pemeluk agama Hindu secara bergelombang mendatangi pantai yang dikenal hingga mancanegara itu untuk melakukan persembahyangan bersama menjelang Hari Raya Nyepi, Senin (31/3/2014).

Advertisement

Umat Hindu, baik dewasa maupun anak-anak, mengenakan busana adat warna putih dilengkapi dengan udeng bagi pria dan selendang yang dililitkan di pinggang bagi pria dan wanita.

Mereka berdatangan ke Pantai Kuta secara berkelompok dengan menumpang truk, bus, dan kendaraan pribadi lainnya serta sebagian lainnya mengendarai sepeda motor. Akibatnya ruas jalan raya dari arah Denpasar menuju Kuta macet total. Kendaraan yang melaju dari arah Denpasar dan Kuta berjalan merayap.

Setiap persimpangan di ruas jalan terpadat di Bali itu, terutama Jl. Imam Bonjol-Jl. Raya Kuta, dijaga lima hingga 10 petugas keamanan desa adat atau pecalang. Mereka membantu petugas kepolisian mengatur arus lalu lintas dari berbagai arah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif