Sport
Rabu, 15 Mei 2024 - 10:42 WIB

Rajin! Shayne Pattynama Tiba di Indonesia meski Pemusatan Latihan belum Dimulai

Redaksi Solopos.com  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bek kiri Timnas Indonesia, Shayne Pattynama dijemput Pelaksana Fungsi Pensosbud Kedutaan Besar RI (KBRI) Doha, Ali Murtado di Bandara Internasional Doha, Qatar, Senin (15/1/2024) dini hari waktu setempat. (IG @alimurtado_id)

Solopos.com, SOLO — Pemain KAS Eupen, Shayne Pattynama sudah berada di Indonesia kendati pelatih Shin Tae-yong belum memanggil pemain untuk pemusatan latihan jelang laga melawan Irak pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, 6 juni mendatang.

Pemain yang beroperasi di sayap kiri itu berada di Bali bersama kekasihnya untuk berlibur sembari menunggu panggilan Timnas.

Advertisement

Liga di Belgia sudah berakhir sehingga Shayne Pattynama kini memiliki waktu panjang untuk liburan.

Sayangnya klub yang diperkuat Pattynama musim ini terdegradasi ke kasta kedua di Belgia.

Advertisement

Sayangnya klub yang diperkuat Pattynama musim ini terdegradasi ke kasta kedua di Belgia.

Berdasarkan status di story Instagramnya, Shayne Pattynama tiba di Bali pada Senin (14/5/2024) kemarin.

Ia menunjukkan peta Pulau Bali serta merepost unggahan kekasihnya.

Advertisement

Shayne Pattynama adalah pemain keturunan Indonesia-Belanda. Ayahnya lahir di Semarang dan telah meninggal dunia saat Shayne Pattynama masih remaja.

Karena itu Shayne Pattynama sejak awal sangat berambisi memperkuat Timnas Indonesia sebagai persembahan untuk sang ayah.

Bersama Tim Garuda ia telah mencatatkan 6 caps dan mencetak satu gol. Gol itu ia ciptakan saat Indonesia digilas Irak 1-5 di Basrah beberapa waktu lalu dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Advertisement

Karenanya, ia sangat berhasrat membalas dendam kepada Irak pada 6 Juni mendatang.

Profil Shayne Pattynama

Pria bernama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama ini lahir pada 11 Agustus 1998.

Shayne Pattynama sejatinya adalah bek kiri, meski demikian ia juga bisa dimainkan sebagai gelandang tengah.

Advertisement

Shayne Pattynama melakukan debutnya untuk level senior adalah di Divisi II Liga Belanda (Eerste Divisie) bersama Jong Utrecht pada 21 Agustus 2017 dalam pertandingan melawan FC Oss.

Shayne Pattynama mencetak gol pertamanya dan satu-satunya untuk Jong Utrecht pada 11 Februari 2019, dalam kekalahan kandang 2–4 dari Go Ahead Eagles.

Setelah dua musim bersama Jong Utrecht , ia pindah ke klub rival di Divisi II yaitu Telstar, pada 2019.
Di klub yang terletak bagian utara Belanda ini, Pattynama melakukan debutnya pada 18 Oktober 2019 dalam pertandingan melawan Almere City.

Pada 18 Januari 2020, Shayne Pattynama mencetak gol pertamanya untuk Telstar ketika bermain imbang dengan skor 3–3 melawan Excelsior Rotterdam di Stadion Van Donge & De Roo, Rotterdam.

Dua musim dijalani Shayne Pattynama bersama Telstar dan akhirnya pada 16 Maret 2021 ia menandatangani kontrak dengan klub Liga Norwegia, Viking. Dia resmi bergabung dengan Viking pada 1 April 2021.

Setelah beberapa tahun ia kemudian berlabuh di klub Belgia lainnya, KAS Eupen yang juga pernah diperkuat pemain timnas lainnya, Thom Haye.

Sayangnya musim ini KAS Eupen terdegradasi ke kasta kedua di negara tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif