Lifestyle
Rabu, 26 Maret 2014 - 07:29 WIB

TIPS KECANTIKAN : Inilah Cara Tepat Merawat Kulit saat Kemarau

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Memakai sunblock sangat penting saat musim kemarau (Healthmeup.com)

Solopos.com, SOLO – Beberapa hari belakangan ini, cuaca terasa begitu panas sehingga membuat kulit terasa terbakar oleh terik sinar matahari. Jika situasi khas musim kemarau itu dibiarkan memanggang kulit tentu akan berakibat buruk bagi kesehatan pelapis tubuh itu.

Sinar matahari yang menyengat kulit dapat mengakibatkan noda hitam di wajah dan tubuh kita hingga yang paling buruk adalah kanker kulit. Oleh karenanya, selalu melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari sangat penting dilakukan.

Advertisement

Berikut ini beberapa tips kecantikan yang dapat Anda lakukan demi menjaga kesehatan kulit selama musim kemarau sehingga terhindar dari pengaruh buruk sinar matahari seperti dilansir Healthmeup, Jumat (21/3/2014).

Hindari Sinar Matahari Pukul 11.00-15.00
Sinar matahari yang paling berbahaya bagi kesehatan kulit adalah sinar matahari yang terpancar pada pukul 11.00 hingga 15.00. Itu pasalnya, pada rentang waktu tersebut, ada baiknya Anda berusaha agar tak terlalu lama terpapar sinar matahari. Namun, jika Anda memang harus bepergian ke luar ruangan pada rentang waktu itu, pastikan Anda telah melakukan tindakan pencegahan dari pengaruh langsung sinar matahari. Caranya adalah dengan menutupi permukaan tubuh Anda, termasuk dengan mengaplikasikan tabir surya yang sesuai.

Jangan Tinggalkan Tabir Surya
Jangan pernah meninggalkan tabir surya walaupun Anda telah menggunakan pelindung seperti payung atau topi. Pasalnya, sinar matahari masih dapat mengenai tubuh Anda dengan cara memantul melalui lantai. Penting juga diingat, jangan pernah mengabaikan ancaman sinar mentari saat cuaca tengah berawan, tetaplah menggunakan tabir surya karena radiasi ultra violet  (UV) mampu menembus awan.

Advertisement

Oleskan Tabir Surya 20 Menit Sebelum Keluar Ruangan
Kesalahan umum dalam memakai tabir surya adalah terkait dengan waktu penggunaan. Agar tabir surya dapat bekerja secara optimal, paling tidak Anda harus menggunakannya 20 menit sebelum langsung terpapar sinar matahari.

Gunakan Kembali tabir Surya Setalah 2 Jam
Ketika Anda berkeringat, tabir surya akan larut bersama dengan keringat. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengaplikasikan tabir surya setelah 2 jam demi melindungi kulit lebih sempurna.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif