Soloraya
Rabu, 26 Maret 2014 - 14:55 WIB

KAMPANYE PEMILU 2014 : Kampanye, Caleg Nasdem Bagikan 1.000 Serabi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Caleg Partai Nasdem Wonogiri, Toto Haryanto membuat serabi untuk dibagikan kepada warga saat berkampanye di pinggir Jl. Sudirman depan Pasar Wonogiri, Rabu (26/3/2014). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Dua buah tabung gas warna hijau teronggok di lantai pos pintu masuk Pasar Wonogiri bagian selatan, Rabu (26/3/2014). Dengan enam wajan berdiameter  20 cm, seorang calon anggota legislatif (caleg) dengan cekatan memasak serabi untuk para peserta kampanye.

Itulah aksi Toto Haryanto, seorang caleg untuk DPRD Wonogiri Dapil Wonogiri 1 (Selogiri, Wonogiri, Wuryantoro, Manyaran dan Eromoko) asal Partai Nasdem. Lelaki yang sehari-hari menjadi penjual serabi itu mengaku ingin memperjuangkan nasib wong cilik di lembaga wakil rakyat. Lelaki kelahiran 16 Januari 1972 itu mengaku nekat maju menjadi calon anggota legislatif, setelah melihat kondisi riil di masyarakat.

Advertisement

“Wong cilik selalu dijual saat kampanye. Habis manis sepah dibuang. Wong cilik saat pemilu didekati dan diraup suaranya oleh caleg tetapi setelah caleg menjadi caleg [anggota DPRD] sudah lupa,” katanya.

Kenyataan itulah yang mendorong Toto Haryanto maju menjadi caleg. Suami Heni Endang Haryanti ini menilai kebijakan pemerintah belum berpihak pada ekonomi rakyat kecil. “Semalam [Selasa] saya tidak tidur untuk mempersiapkan serabi yang kami bagikan hari ini [Rabu]. Pembagian serabi bukan bermakna money politics tetapi sebagai makanan penyaji bagi tamu,” kata Toto.

Dalam aksinta, Toto juga mengusung dua spanduk bergambar wajahnya bertuliskan “Gratis…1.000 Serabi, Caleg Dapil Wonogiri 1, Nglakon [menjalani], Ngerteni [mengerti], Rekasane [susah payah] Wong Cilik Toto Haryanto” di dekat gerobaknya. Beberapa orang berseragam biru meneriakkan kata-kata yang berisi sosialisasi nomor Toto di kertas suara. Satu jam kemudian, seribu serabi yang disiapkan Toto habis terbagikan. Aksi Toto ini menarik pejalan kaki, pengendara sepeda motor dan warga yang masuk ke Kompleks Pasar Wonogiri.

Advertisement

Mereka menghentikan langkahnya untuk mendekat dan meminta serabi buatan Toto. “Salut, keberanian seorang penjual serabi yang mencalonkan diri sebagai anggota Dewan. Keberanian itu tak dimiliki oleh semua orang,” ujar Suwardi, seorang guru yang menghentikan kendaraannya saat melihat aksi tersebut.

Warga pun mengaku senang mendapatkan serabi itu. Mereka mengatakan serabi cocok untuk sarapan pagi. “Sudah sehat dengan ikut olahraga. Saat pulang jalan kaki diberi serabi. Lengkap sudah rezeki hari ini,” ucap Maria, seorang warga, sembari tertawa.

Warga lain, Yanti, menimpali. “Sayangnya dirinya tidak diabadikan sehingga tidak masuk media massa. Selang satu jam dari aksi Toto, caleg DPR Nasdem, Warseno, datang dan blusukan serta ngamen ke Pasar Wonogiri. Aksi Warseno dilakukan sekitar 20 menit sebelum bertolak ke Eromoko.

Advertisement

Ketua DPD Nasdem Wonogiri, Sunyoto, juga menggelar kampanye simpatik. Di rumahnya, Sunyoto menggelar kampanye bakar ikan bersama warga. “Ikan-ikan yang berhasil dipancing, dibakar dan dimakan bersama oleh warga,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif