Teknologi
Senin, 24 Maret 2014 - 05:31 WIB

Ini Dia Inovasi Menarik Vendor Gadget Ternama

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Karya inovatif Google Glass (Sellcell.com)

Soloppos.com, SOLO — Vendor-vendor produk teknologi informasi ternama dunia tak henti sengit bersaing dalam berinovasi. Setelah muncul paten inovasi pembuka kunci layar (unlock screen) dari Samsung, kini Nokia tak mau kalah dengan mengajukan paten untuk inovasi kacamata ajaib.

Inovasi teknologi dari vendor gadget ternama dunia jadi suatu hal yang menarik perhatian. Selain menyuguhkan hal-hal baru, terkadang ide yang ditawarkan jadi inspirasi bagi teknologi yang lain. Belakangan paten inovasi semakin gencar jadi pemberitaan hangat di sejumlah media.

Advertisement

 

Mulai dari Kacamata Ajaib Nokia…

Kacamata Ajaib Nokia

Ilustrasi Nokia Near to Eye Display (Research.nokia.com)

Kabar paling gres datang dari vendor Finlandia, Nokia. Minggu (15/3/2014), Nokia telah memperoleh hak paten atas sebuah metode yang meningkatkan interaksi antara pemakai wearable device tersebut dengan spesifikasi terhubung dan near to eye display (NED).

Teknoup, Selasa (18/3/2014), memaparkan paten tersebut terkait dengan adanya dua kamera pada perangkat teknologi informasi. Salah satu yang akan melacak tatapan mata untuk membantu posisi kursor pada layar.

Advertisement

Kamera lainnya akan fokus pada gerakan tangan, yang memungkinkan pengguna memilih item pada menu. Menurut paten itu, gerakan ini tetap bisa digunakan meski kondisi shaking.

Kamera pertama bisa menjadi kamera inframerah terfokus pada satu mata pengguna dari NED. Kamera kedua mungkin akan menjadi kamera yang mengamati gerakan tangan.

Dikutip dari PhoneArena, Senin (17/3/2014), Nokia dalam penjelasannya memaparkan paten wearable device yang dikembangkannya adalah berbentuk kacamata pintar yang mirip dengan Google Glass. Paten ini sebenarnya telah diajukan pada akhir 2013 lalu. Saat itu akun @evleaks menyebut fitur perangkat ini dijuluki teknologi kontrol mata.

 

Selanjutnya Dua Inovasi Touchscreen Device Samsung

Dua Inovasi Touchscreen Device Samsung

Advertisement

Ilustrasi Samsung Touch Screen Device (Wellsdigest.com)

Sebelum kabar paten Nokia ini mengemuka, Samsung terlebih dahulu nongol dengan inovasi pelepasan kunci pada layar ponsel. Kabar ini cukup populer pada beberapa hari lalu.

Kabar ini kali pertama muncul di situs web KIPRIS yang dijalankan oleh Korean Intellectual Property Office pada tanggal 13 Maret 2014. Samsung Electronics telah diberi paten tersebut dengan nomor aplikasi No 10-2012-0097132.

Samsung telah sejak lama mengajukan paten ini yakni diajukan pada 3 September 2012. Dikatakan metode ini memungkinkan pengguna untuk melepaskan kunci atau istilahnya unlocking pada terminal mobile dengan menggambar pola dari input sentuhan melalui operasional touch-and-drag ketika terminal mobile dalam mode terkunci.

Fitur ini memungkinkan penggunanya bebas membuka smartphone mereka dengan cara yang lebih nyaman dengan pola yang tidak terbatas pada kategori tertentu. Pengguna harus menyentuh layar lalu menyeretnya membentuk gambar tertentu.

Metode yang dipatenkan Samsung ini membuatnya lebih mudah melacak lintasan jari pada layar ketika terminal mobile dalam mode terkunci dan melepaskan mode terkunci jika satu atau lebih persimpangan terjadi pada lintasan. Oleh karena itu, pola input sentuhan untuk membuka mode terkunci tidak terbatas dalam hal ukuran, lokasi, dan pola, sehingga pengguna dapat dengan bebas menyentuh layar sentuh untuk melepaskan mode terkunci.

Teknik ini juga memungkinkan untuk memuat aplikasi tertentu. Sebagai contoh, ketika panggilan masuk diterima, pengguna smartphone dapat memilih untuk menerima panggilan atau menolaknya, berdasarkan jumlah persimpangan. Metode baru ini adalah model terbaru dari menggambar pola unlock atau memasukkan password di layar.

Advertisement

Paten ini melanjutkan gebrakan-gebrakan Samsung sebelumnya. Dilansir Daily Mail, Sabtu (7/12/2013), akhir 2013 Samsung mengembangkan teknologi layar sentuh transparan dua sisi sebagai salah satu langkah revolusionernya. Teknologi ini merupakan teknologi pertama yang akan dikembangkan Samsung sebagai langkah pengembangan smartphone masa depan.

Untuk teknologi ini Samsung segera mengajukan hak paten. Menurut kabar yang beredar tampilan layar transparan tersebut dapat dikendalikan oleh ujung jari dari kedua sisi ponsel.

Keunggulan ponsel layar sentuh transparan yang sedang dikembangkan ini adalah sangat efektif untuk bermain game yang mengandalkan layar sentuh. Sebuah tombol di belakang layar ponsel ini dapat memunculkan opsi-opsi tambahan atau informasi yang ada di layar seperti teks yang terkait dengan foto seperti komentar pada foto yang di-posting pada Facebook atau Instagram.

Manfaat lainnya, pengguna akan dimudahkan dalam memutar video, mempercepat pergerakan video maupun memutar kembali video dengan menggunakan layar bagian belakang tanpa menghalangi pandangan mereka pada video yang sedang diputar.

 

Tato Micriphone Motorola…

Advertisement

Tato Micriphone Motorola

Ilustrasi Tato Micriphone Motorola (Phonesreview.com)

Invovasi Motorola juga tak kalah menarik. November 2013 lalu terungkap Motorola mematenkan sebuah tato elektronik yang disematkan di leher yang berfungsi sebagaimicrophone ponsel pintar.

Ubergizmo, Kamis (7/11/2013), Motorola memberi nama yang cukup panjang untuk paten teknologi mutakhir ini. Coupling An Electronic Skin Tattoo To A Mobile Communication Device begitu sebutannya yang termuat dalam daftar paten di US Patent and Trademark Office.

Tato ini nantinya akan bisa dioperasikan saat menempel di leher. Pengoperasiannya terbilang praktis. Suara yang ditangkap oleh microphone ini dari tenggorokan akan dapat disalurkan pada smartphone. Sehingga lawan bicara tidak akan mendengar noise atau gangguan suara-suara lainnya. Tato akan dapat terhubung dengan smartphone dengan menggunakan Bluetooth, Wi-Fi, atau NFC.

Belum diluncurkan, teknologi ini sudah mendapat respons positif dari banyak pihak yang tertarik dengan ide ini. Inovasi ini nantinya akan mempermudah cara berkomunikasi menggunakan telepon selular. Motorola masih melakukan penelitian untuk pengembangan teknologi ini. Belum jelas tato micropone ini kapan akan diproduksi.

Bra Pintar Microsoft…

Advertisement

Bra Pintar Microsoft

Ilustrasi Smart Bra Microsoft (Gizmag.com)

Awal 2014 Microsoft heboh diberitakan akan mencetak bra pintar. Para peneliti di Microsoft yang mengembangkan prototype wearable gadget ini. Pada smart bra ini dibenamkan sensor psikologis. Sensor ini nantinya mendeteksi aktvitas jantung dan kondisi emosional si wanita pemakainya. Dimaksudkan untuk mengontrol diet, bra akan mengirimkan peringatan ke smarthone si pemakai untuk tidak makan berlebihan.

Inovasi serupa juga dikembangkan produk pakaian asal Jepang. Dikatakan Bra pintar itu hanya akan berhenti bekerja setelah mendeteksi adanya cinta sejati yang dirasakan penggunanya.

Dikutip Daily Mail, Senin (27/1/2014), cara kerja bra pintar ini adalah dengan memonitor kerja jantung dengan aplikasi yang terhubung melalui smartphone. Perusahan yang menciptakan teknologi ini mengungkapkan bahwa bra pintar ini merupakan sebuah bra revolusioner yang dapat mengetahui bagaimana perasaan perempuan.

Bra ini dilengkapi dengan gesper yang diletakkan pada bagian depan, lengkap dengan sensor dan lampu yang akan bersinar merah muda jika pemakainya tengah jatuh cinta dengan orang di dekatnya. Dalam sebuah video promosi yang beredar, sensor tersebut dapat memonitor detak jantung pemakainya dan mengirimkan data secara real time ke smartphone yang dihubungkan melalui sebuah aplikasi Iphone menggunakan koneksi Bluetooth.

Advertisement

Inovasi Google Glass…

Inovasi Google Glass

Ilustrasi Google Glass (sellcell.com)

Selain itu dilansir Slash Gear, Rabu (18/12/2013), Google melalui blog resminya meluncurkan sebuah demo fitur-fitur baru yang mereka perkenalkan. Salah satu yang menarik perhatian adalah fitur kamera dengan sensor kedipan mata.

Google menamai fitur baru ini versi XE12. Google menyebut fitur ini bekerja dengan sensor yang berkali-kali lebih cepat dibanding tombol kamera atau pemindai perintah suara. Bahkan ketika layar dimatikan, sensor ini tetap dapat berfungsi.

Selain itu, ditambahkan pula fitur pengunci layar dan kemampuan untuk mengunggah dan berbagi video di Youtube. “Glass membantu pengguna melihat dan membaur dengan dunia di sekitar tanpa hambatan teknologi,” sebut Google.

Kabar sebelumnya, Google membuat teknologi canggih bernama keyboard virtual laser. Keyboard ini tidak tampil pada layar seperti pada sebuah ponsel layar sentuh, melainkan virtual keyboard yang diproyeksikan melalui sebuah laser yang tersemat pada Google Glass.

Paten yang terdaftar dengan nomor 20130016070 dengan deksripsi “Methods and Systems for a Virtual Input Device” yang mampu memproyeksikan sebuah tombol virtual yang tertampil pada telapak tangan pengguna Google Glass.

Kacamata canggih dari Google atau Google Glass hari ini, Rabu (18/12/2013), diberi fitur baru. Google Glass kini dapat digunakan untuk mengambil gambar hanya dengan sensor kedipan mata.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif