News
Rabu, 1 Mei 2024 - 09:31 WIB

Solopos Meraih Penghargaan dalam SPS Awards 2024

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum SPS Januar P. Ruswiya (kiri) menyerahkan penghargaan Bronze Winner IPMA 2024 dalam acara SPS Award di Hotel Ciputra Jakarta, Selasa (30/4/2024) malam.(Solopos.com/Arif Budisusilo)

Solopos.com, JAKARTA – Solopos berhasil meraih penghargaan Bronze Winner IPMA (Indonesia Print Media Awards) 2024 untuk kategori media cetak terbaik Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Nustra).

Bronze Winner IPMA yang diberikan kepada Solopos tersebut untuk edisi koran 22-23 Juli 2023. Penghargaan itu diterima Redaktur Pelaksana Solopos, Syifaul Arifin dalam acara Serikat Perusahaan Pers (SPS) Awards di Hotel Ciputra Jakarta, Selasa (30/4/2024) malam.

Advertisement

“Koran bertahan dengan isi dan tampilan yang berbeda dengan media online. Penghargaan itu buah kerja bareng dari tim redaksi. Ada yang menggarap berita, ada yang usul desain yang pas dengan berita itu, dengan diskusi intensif,” ujar Syifaul seusai menerima penghargaan.

Penghargaan yang diterima Solopos tersebut adalah salah satu dari lima penghargaan untuk sejumlah kategori yang diterima Bisnis Indonesia Group. Empat penghargaan lain adalah, Silver Winner dalam kategori media untuk anak muda atau Indonesia Young Readers Award (IYRA) 2024, yang diberikan untuk Hypeabis.id.

Advertisement

Penghargaan yang diterima Solopos tersebut adalah salah satu dari lima penghargaan untuk sejumlah kategori yang diterima Bisnis Indonesia Group. Empat penghargaan lain adalah, Silver Winner dalam kategori media untuk anak muda atau Indonesia Young Readers Award (IYRA) 2024, yang diberikan untuk Hypeabis.id.

Kemudian, Bisnis Indonesia juga mendapatkan Silver Winner Indonesia Print Media Awards (IPMA) dalam kategori foto jurnalis terbaik pada edisi Minggu (25/6/2023).

Selain itu, Silver Winner IPMA dalam kategori surat kabar terbaik berhasil disabet oleh Bisnis Indonesia dengan terbitan cetak weekly edisi Minggu (4/6/2023) dengan judul “Tumpah Ruah Berkah Limbah”.

Advertisement

Head of Premium Content dan Multimedia Bisnis Indonesia, Gajah Kusumo menyampaikan penghargaan ini merupakan kehormatan yang diterima oleh Bisnis Indonesia. Pasalnya, SPS Award 2024 merupakan wujud apresiasi untuk insan pers di Indonesia.

“Penghargaan ini juga menjadi penyemangat buat Bisnis Indonesia untuk berkomitmen menjaga demokrasi dan membangun dunia pers yang sehat serta terus berkarya untuk memberikan karya-karya jurnalistik yang terbaik dan relevan sebagai navigasi buat pembaca setianya,” ujar Gajah seusai menerima plakat penghargaan SPS Award 2024.
Pemberian plakat penghargaan ini diserahkan oleh pengurus SPS, mulai dari Ketua Umum SPS Januar P. Ruswiya hingga Waketum Bidang Konvergensi Media SPS, Arif Budisusilo.

Dalam sambutannya, Januar mengatakan SPS Awards tahun ini menghadirkan beberapa kategori kompetisi, yaitu IPMA, Indonesia inhouse Magazine Awards (InMA), Indonesia Young Readers Awards (IYRA),Indonesia Students Media Awards (ISMA), dan Indonesia Digital Media Awards (IDMA).

Advertisement

Selain itu, dia juga menyampaikan jumlah entry tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Perinciannya, SPS Award 2024 ini diikuti oleh 719 entry, yang terdiri dari 299 entry kategori IPMA, 205 entry kategori InMA, 12 entry kategori IYRA, 85 entry kategori ISMA, dan 118 entry kategori IDMA.

“Serikat Perusahaan Pers [SPS] merupakan organisasi perusahaan pers tertua yang lahir tahun lalu, di mana sebagian besar anggotanya adalah perusahaan-perusahaan media cetak. Untuk memotivasi dan mengapresiasi para pengelola media cetak, untuk ke 15 kalinya menyelenggarakan SPS Award,” tutur Januar.

Sebagai informasi, seluruh entry itu dinilai oleh dewan juri yang berlatar belakang praktisi (ahli) di bidang desain grafis, branding, digital, media sosial, foto jurnalisme, marketing, periklanan, komunikasi massa, dan jurnalisme.

Advertisement

Mereka di antaranya, Jojo S Nugroho sebagai Dewan Penasehat Asosiasi Perusahaan PR Indonesia, Sulistyo sebagai Creative Director DM ID Group, dan Asmono Wikan selaku Sekretaris Jenderal Serikat SPS Pusat.

Selain itu, Wartawan Foto Harian Kompas Agus Susanto, Dosen Ilmu komunikasi dari Unika Atmajaya Nia Sarinastiti, Ketua Komisi Pengaduan Etika di Dewan Pers Yadi Hendriana dan eks Redaktur Foto Antara Hermanus turut jadi juri dalam acara penghargaan ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif