Soloraya
Senin, 24 Maret 2014 - 03:33 WIB

BRI Kartasura Undi Hadiah Simpedes

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Tabungan BRI Simpedes (JIBI_Solopos_Dok.)

Solopos.com, SUKOHARJO — Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (22/3/2014), mengundi nasabah pemenang hadiah produk tabungan Simpanan Masyarakat Pedesaan (Simpedes). BRI Kartasura mengakui memfokuskan menghimpun dana melalui itu melalui 15 unit yang berada di wilayahnya.

Simpedes diakui menyumbang pengumpulan dana pihak ketiga (DPK) paling banyak di bank itu. Pemimpin Cabang BRI Kartasura, Widayat, menuturkan pada semester II 2013, ada peningkatan simpanan sebanyak 8,6%. “Pada semester II tersebut total DPK yang terhimpun senilai Rp38 miliar dari 15 kantor unit yang berada di bawah Kantor Cabang Surakarta. Sedangkan sumbangan Simpedes senilai Rp32 miliar atau sekitar 84,2%,” ungkap Widayat saat ditemui wartawan di sela-sela acara pengundian hadiah Simpedes itu.

Advertisement

Dia menuturkan total DPK pada Desember tahun lalu sebanyak Rp395,1 miliar sedangkan Juni 2013 senilai Rp356,8 miliar. Sedangkan dana masyarakat yang dihimpun melalui Simpedes senilai Rp268 miliar pada Juni tahun lalu dan naik menjadi Rp291 miliar pada akhir tahun.

Pengumpulan dana melalui jenis tabungan ini selalu naik dari tahun ke tahun. Dia menuturkan banyaknya dana terkumpul karena masyarakat di daerah Kartasura banyak yang memiliki usaha berdagang, tak hanya untuk lokal tapi juga ada yang ekspor meski dalam skala kecil atau menengah. “Dari dana tersebut, kami salurkan kembali melalui Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) senilai Rp33 miliar atau sekitar 86,8%,” ujarnya.

Asisten Manajer Bisnis Mikro (AMBM) BRI Kartasura, Didik Supriyadi, menuturkan hingga akhir tahun lalu total kredit yang disalurkan senilai Rp287 miliar, naik 13% dari Rp254 miliar pada Juni 2013. Meski begitu, dia juga menyampaikan non performing loan (NPL) cukup rendah, yakni 0,5%. Penyaluran dana tersebut dinilai juga masih aman karena loan to deposit ratio (LDR) tercatat hanya 72,6% sehingga masih ada dana cadangan.

Advertisement

Widayat menuturkan terus menggenjot DPK melalui Simpedes. Oleh karena itu, pihaknya mengadakan berbagai macam program seperti Panen Bulanan Simpedes (PBS), Simpedes Hadiah Langsung (SHL), Grebeg Pasar, Grebeg Sekolah dan Grebeg Kampung.

Pada saat yang sama, BRI Kartasura juga mengadakan undian hadiah Simpedes total senilai Rp375 juta. Grandprize berupa satu unit Nissan Evalia dimenangkan oleh Luluk Marfuah, nasabah BRI Unit Makamhaji.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif