Teknologi
Senin, 24 Maret 2014 - 07:30 WIB

APLIKASI BARU : Apple Segera Lucurkan Itunes bagi Android?

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tampilan Itunes (JIBI/Solopos/Cnet)

Solopos.com, SOLO – Apple kini tengah mempertimbangkan untuk meluncurkan aplikasi Android pertama. Salah satu aplikasi terpopuler mereka Itune yang kini mengalami penurunan penjualan secara terus menerus menjadi alasan utama Apple mengubah langkah dengan menawarkan aplikasi itu kepada para pengguna Android.

Menurut Billboard Biz seperti dikutip Daily Mail, (21/3/2014), Apple telah merundingkan dengan para petinggi label musik terkenal mengenai kemungkinan meluncurkan layanan streaming on-demand yang akan menyaingi situs musik Spotify  dan Beats Music. “Apple juga berpikir untuk menambahkan aplikasi Itunes di Android, hal ini dikerenakan Android mampu tumbuh dan berkembang lebih cepat dari pada  Iphone,” kata salah satu sumber dari orang dalam.

Advertisement

Aplikasi Itunes telah memiliki 80% pasar dari seluruh penjualan musik di Amerika Serikat. Namun secara keseluruhan download lagu di situs mereka mulai merosot tahun 2013 lalu dan sekarang turun sekitar 12% dalam rentang waktu 2 bulan pertama di tahun 2014. Penurunan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor termasuk di antaranya muncul beberapa saingan layanan musik streaming seperti Spotify dan Beats Musik yang baru saja diluncurkan.

Spotfy agaknya memang akan menjadi saingan berat bagi Itunes, mengingat prestasi mereka yang luar biasa saat berhasil menjual album Oxymoron milik School Boy Q yang hampir 139.000 kopi hanya dalam satu minggu. Namun ketika ditanya mengenai strategi yang telah mereka lakukan, pihak Spotify menolak mengungkapkan lebih rinci.

“Ini bukan strategi hebat untuk mencoba menentukan bagaimana orang dapat mendengarkan musik sesuai dengan keinginan mereka atau bahkan melakukan sesuatu yang berbeda dalam skala yang lebih luas,” kata pimpinan Konten Spotify, Ken Parks.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif