Soloraya
Minggu, 5 Mei 2024 - 15:12 WIB

170 Alumni Ikuti Halalbihalal dan Temu Kangen Kagama Solo 2024

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto bersama Keluarga Alumni Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (Kagama) Solo dalam acara Halalbihalal dan Temu Kangen di Gedung Induk Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Minggu (5/5/2024) pagi. (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, SOLO– Keluarga Alumni Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (Kagama) Solo menggelar Halalbihalal dan Temu Kangen di Gedung Induk Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Minggu (5/4/2024) pagi.

Dihadiri 170-an alumni acara dengan tema Alumni UGM dalan Ukhuwah yang Guyup rukun Migunani ini berlangsung hangat dan meriah.

Advertisement

Turut hadir di acara tersebut Pengageng Parentah Keraton Solo, KGPH Dipokusumo selaku Ketua Kagama Solo, Rektor UMS, Sofyan Anif, perwakilan Kagama Soloraya, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Sayangnya, Ketua Umum Pengurus Pusat Kagama, Ganjar Pranowo yang sebelumnya dijadwalkan hadir tidak jadi hadir dalam acara tersebut.

Advertisement

Sayangnya, Ketua Umum Pengurus Pusat Kagama, Ganjar Pranowo yang sebelumnya dijadwalkan hadir tidak jadi hadir dalam acara tersebut.

Acara tersebut diawali wisata air dengan menaiki perahu maret di Danau UMS. Kemudian dilanjutkan pembukaan, hiburan tari zapin Melayu, ikrar Halalbilahal, hikmah Halal Bihalal, hiburan live music, dan diakhiri foto bersama.

Dalam sesi hikmah Halal Bihalal, Sofyan Hanif yang juga Rektor UMS menyampaikan bahwa selain ajang bermaaf-maafan, Halalbihalal juga seharusnya menjadi momen penting untuk semakin mengukuhkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Advertisement

“Kemudian tak kalah penting bagi kita sebagai orang Jawa juga bisa menjadi pribadi yang bisa rumangsa bukan rumangsa bisa. Dengan demikian kita selalu dihiasi sikap rendah hati dan terhindar dari sikap ingin benar sendiri,” terangnya.

Acara siang ini berlangsung begitu hangat. Para peserta saling berbincang dan bertukar cerita dengan kawan lamanya, dan tidak sedikit juga yang membangun relasi dengan alumni lainnya.

Selain itu, mereka juga terlihat menikmati aneka sajian hidangan khas Solo seperti tengkleng, pecel, dan opor. Sebagian mereka juga menyempatkan diri untuk berfoto dan bernyanyi bersama rekan-rekannya di panggung yang disediakan.

Advertisement

Semakin meriah ketika acara memasuki pembagian doorprize dimana para peserta saling berebut nomor undian yang disediakan panitia. Setidaknya ada lebih dari 100 doorprize dengan sepeda lipat sebagai hadiah utamanya.

Sementara itu, kepada Solopos.com selepas acara, Ketua Kagama Solo, KGPH Dipokusumo berharap para alumni UGM untuk terus menjaga Tri Dharma Perguruan Tinggi di manapun berada. Terutama di bagian poin ketiga yakni pengabdian masyarakat.

“Saat ini kami memang sudah menjadi alumni, namun begitu nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi jangan sampai ditinggalkan. Khususnya pengabdian masyarakat kami selalu mengupayakan Kagama selalu hadir dan memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat,” jelasnya.

Advertisement

Pria yang akrab disapa Gusti Dipo itu menambahkan bahwa agenda terdekat Kagama Solo adalah menggelar acara semacam festival budaya. “Jika tidak berubah nanti di Desember akan ada acara kebudayaan sebagai bentuk kepedulian Kagama dalam pelestarian budaya Indonesia,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif