News
Jumat, 21 Maret 2014 - 22:32 WIB

Merekam Kru Menari di Pesawat, 2 Pilot India Diskors

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kru pesawat Spicejet menari di lorong pesawat yang diabadikan pilot pesawat itu (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Dua pilot dari maskapai penerbangan Spicejet, India, terpaksa meninggalkan pekerjaannya untuk sementara waktu setelah menerima sanksi skorsing gara-gara merekam aksi 2 kru pesawat yang tengah menari di lorong pesawat yang mereka awaki. Video berdurasi 2,5 menit yang diunggah di situs Youtube itu menjadi bukti perbuatan yang dianggap tak pantas dilakukan seorang pilot apalagi aksinya tersebut dilakukan saat pesawat tengah mengudara.

Dalam rekaman video itu, terlihat 2 orang kru pesawat tengah asyik menari untuk merayakan Holi, salah satu hari penting pemeluk agama Hindu. Sementara 2 kru tersebut menari, sang pilot mengabadikan momentim tersebut menggunakan pesawat telepon selulernya. Kejadian yang terjadi di pesawat Spicejet rute penerbangan Goa-Bangalore—2 negara bagian di India—itu langsung mendapat sorotan publik mengingat perhatian dunia memang tengah fokus pada hilangnya pesawat Malaysia Air MH370.

Advertisement

Walaupun kejadian tersebut tidak dibenarkan, namun para penumpang pesawat tersebut terlihat menikmati tarian dari kru pesawat itu dan memberikan tepukan tangan sebagai tanda menyukai selingan itu. Namun tak demikian halnya dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara India yang justru mengeluarkan peringatan kepada maskapai penerbangan itu terkait video tersebut.

Otorita penerbangan pemerintah India itu mengatakan menari di pesawat terbang dapat mengancam keselamatan penerbangan dan menciptakan kebiasaan buruk. “Tindakan kru kabin telah menarik perhatian kru lainnya yang tengah bertugas sehingga mengurangi kesiapan mereka dan mengganggu konsentrasi. Gerakan tarian 2 kru tersebut juga dapat mempengaruhi pusat gravitasi selama penerbangan dan menciptakan guncangan,” papar Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dalam peringatan mereka.

Sementara itu,dikutip Daily Mail, Jumat (21/3/2014), juru bicara Spicejet mengatakan pihaknya akan memberikan kru tambahan untuk rute penerbangan ini guna selalu menjaga ruangan kokpit, misalnya ketika pilot tengah di toilet.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif