News
Jumat, 21 Maret 2014 - 20:34 WIB

KISAH UNIK : Duh, Demi Kodok Jalan di London Ini Ditutup...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jalan ini ditutup demi memastikan kodok-kodok bisa kawin dengan aman (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, LONDON – Penutupan jalur jalan di Kota London, Inggris ini sepertinya terdengar tak lazim bagi warga di belahan lain Planet Bumi. Bayangkan saja, pengguna jalan terpaksa tidak bisa melintas di jalur itu hanya karena aksi penyelamatan kodok yang akan menyeberang jalan.

Salah seorang sukarelawan yang menyelamatkan kodok (Dailymail.co.uk)

Advertisement

Penutupan jalan itu dilakukan semata-mata demi melindungi kodok yang akan bermigrasi, Jalur jalan itu ditutup agar hewan-hewan pelompat itu leluasa menyeberang jalan dengan aman.

Pemerhati kodok di negeri itu sengaja melakukan hal tersebut demi memastikan para kodok dapat kawin dengan aman dan mampu melakukan perjalanan tahunan mereka dari Richmond Park menuju kolam perkembangbiakan di Ham Common yang berjarak 330 meter dengan selamat. Berbekal senter dan ember, para sukarelawan yang didukung sepenuhnya oleh Richmound Council mengumpulkan kodok dengan tangan dan mengantar mereka di seberang jalan sehingga kodok-kodok itu dapat dengan mudah menemukan jalan mereka sendiri ke kolam.

Mereka juga telah membuat skema perjalanan yang telah menyelamatkan ratusan kodok agar terhindar dari bahaya tertabraknya kodok-kodok tersebut oleh para pengguna kendaraan bermotor yang melintasi jalan tersebut. “Kami akan melakukan hal yang terbaik untuk agar masyarakat tetap tidak kecewa terhadap penutupan sementara jalan ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada warga atas pemahaman mereka mengapa sangat penting menutup jalan demi menyelamatkan kodok,” kata salah seorang pemerhati kodok Chris Harrison yang dikutip Daily Mail, Kamis (20/3/2014).

Advertisement

Kini ia juga telah mendapatkan dana dari sebuah lembaga pemeliharaan alam di Inggris untuk membuah kolam baru khusus katak. Ia bersama dengan pemerhati katak lainnya telah berupaya agar kodok-kodok tersebut dapat bertelur di tempat yang telah direncanakan sehingga selalu terhindar dari jalanan kota London yang padat.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif