Otomotif
Jumat, 21 Maret 2014 - 02:16 WIB

BURSA MOBIL INDONESIA : Segmen Upper MPV Tumbuh, Nissan Serena Teratas

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi eksterior Nissan Serena (Nissan.co.id)

Solopos.com, JAKARTA — Bermunculannya low multi-purpose vehicle (low MPV) baru di bursa mobil Indonesia tak membuat segmen upper MPV terganggu. Segmen mobil upper MPV bahkan mendulang pertumbuhan positif pada angka penjualan sepanjang Februari 2014.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pertumbuhan upper MPV di bursa mobil Indonesia mencapai 128,3%. Sepanjang dua bulan awal 2014, segmen upper MPV yang diisi oleh Nissan Serena, Toyota Alphard, Toyota Nav-1, Hyundai H1, dan Honda Odyssey, berhasil membukukan penjualan 1.159 unit atau merebut 0,55% pangsa pasar roda empat Indonesia.

Advertisement

PT Nissan Motor Indonesia melalui Nissan Serena mendulang penjualan tertinggi sepanjang Februari 2014 mencapai 256 unit atau meningkat 49,7%dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 171 unit. Pertumbuhan penjualan itu menambah total penjualan Nissan Serena sepanjang dua bulan awal 2014 yang mencapai 427 unit.

Di posisi kedua, produk PT Honda Prospect Motor yakni Honda Odyssey mencatatkan penjualan 178 unit atau meningkat berlipat ganda dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 33 unit. Sementara itu, produk lain seperti Toyota Alphard mendulang penjualan sepanjang Februari 2014 mencapai 77 unit, Hyundai H-1 sebanyak 46 unit, dan Toyota Nav-1 24 unit.

Public Relation Manager PT Nissan Motor Indonesia Arga Simanjuntak mengatakan pertumbuhan positif yang dialami Nissan Serena merupakan tanda bahwa Serena diterima dengan sangat baik oleh konsumen Indonesia. “Perubahan bentuk dan kelengkapan fitur terbaru menjadi jaminan sehingga selalu menarik konsumen,” tuturnya, Kamis (20/3/2014).

Advertisement

Dia berharap ke depannya Nissan Serena terus menyumbang pertumbuhan penjualan produk Nissan di pasar domestik. Direktur Pemasaran PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy menuturkan kehadiran Honda Odyssey dengan tampilan baru pada beberapa bulan lalu cukup mendukung pertumbuhan produk ini di segmen upper MPV. Di samping itu, sambungnya, banyaknya kalangan menengah baru yang membutuhkan kendaraan keluarga yang nyaman dan aman mendorong pertumbuhan penjualan segmen ini terus bertumbuh dengan baik.

“Walaupun harganya terbilang mahal tetapi pasar upper MPV masih bergairah dengan baik. Ini tandanya penerimaan produk baik,” ujarnya.

Dia menambahkan, meningkatnya segmen ini juga karena masing-masing ATPM terus memperbaharui produk barunya dengan segala keistimewaan yang berbeda sehingga pilihan konsumen bervariasi. Namun, Jonfis menerangkan, bertumbuh atau tidaknya segmen ini juga masih tetap berpengaruh terhadap nilai tukar rupiah terhadap dolar karena mobil upper MPV hampir semuanya merupakan mobil impor dalam keadaan utuh (complete built up/CBU). Hanya saja, Jonfis yakin bahwa pasar masih akan baik karena dalam dua pekan terakhir kondisi nilai tukar rupiah sudah semakin membaik.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif