News
Rabu, 19 Maret 2014 - 08:15 WIB

SNMPTN 2014 : Ujian Masuk PTN Hanya 1 Hari

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi SNMPTN. (JIBI/BISNIS/Rachman)

Solopos.com, SOLO— Ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBNPTN) 2014 hanya akan dilakukan dalam sehari. Sebelumnya, ujian tertulis seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dilakukan selama 2 hari.

Sesuai informasi SBNPTN 2014 yang ditandatangani Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, Herry Suhardiyanto, dan Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2014, Ganjar Kurnia, ujian tertulis SBNPTN 2014 hanya dilakukan pada 17 Juni 2014.

Advertisement

Pada tanggal tersebut secara bersama-sama para peserta SBNPTN akan mengerjakan soal ujian yang telah disiapkan oleh panitia. Yaitu terdiri dari soal tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA), tes kemampuan dasar sains dan teknologi (TKD Saintek) dan tes kemampuan dasar sosial dan humaniora (TKD Soshum). Untuk tes TKD Saintek tediri atas mata uji matematika, biologi, kimia, dan fisika. Sedangkan untuk TKD Soshum terdiri atas mata uji sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi.

Informasi tersebut juga ditegaskan olah Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Sutarno, Selasa (18/3/2014). “Betul, jadi ujian tertulis nanti cukup sehari,” ungkap Sutarno. Dia mengatakan peserta SBNPTN akan mengerjakan soal 3 mata uji dalam sehari.

Sedangkan untuk hari berikutnya akan diselenggaakan ujian keterampilan yang diperuntukkan bagi peminat program studi (prodi) bidang ilmu seni dan keolahragaan. Ujian keterampilan bidang ilmu seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.

Advertisement

Sedangkan untuk ujian keterampilan bidang ilmu keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani. Untuk ujian keterampilan, peserta dapat mengikutinya di PTN terdekat yang memiliki prodi yang sesuai dengan pilihan peserta.

Untuk pendaftaran mengikuti SBNPTN 2014 sendiri dapat dilakukan secara online yang akan dibuka mulai 12 Mei 2014 pukul 08.00 WIB sampai dengan 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif