Soloraya
Rabu, 15 Mei 2024 - 21:06 WIB

Kwarcab Karanganyar Gelar Lomba Pramuka Garuda Berprestasi, Ini Pemenangnya

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Andalan Binamuda, Wahono, berfoto bersama seusai menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta Lomba Pramuka Garuda Berprestasi di Karanganyar, Selasa (14/5/2024). (Istimewa/Kwarcab Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR-Sejumlah 32 anggota Pramuka Garuda golongan siaga se-Kabupaten Karanganyar mengikuti Eagle Scout Award (ESA)/Lomba Pramuka Garuda Berprestasi Golongan Siaga yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Karanganyar di Sanggar Pramuka, Selasa (14/5/2024).

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Pembinaan anggota muda (Waka Binamuda), Kamto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada orangtua dan pembina yang telah memberikan dukungan kepada para peserta.

Advertisement

“Bagi kami prestasi perlu dihargai untuk membangkitkan motivasi meraih prestasi yang lebih tinggi agar anggota Pramuka siaga lainnya termotivasi menjadi Pramuka Garuda. Kami juga berterima kasih kepada para pendamping dan orang tua yang telah memberikan dukungan hingga anak-anak menjadi anggota Pramuka Garuda,” ungkapnya.

Lomba yang dihadiri Sekretaris Kwarcab, Basuki; pengurus andalan Binamuda dan pembina dari Kwarran se-Karanganyar tersebut diharapkan mampu mencetak anggota Pramuka garuda golongan siaga yang bermartabat dan berprestasi yang akan mewakili Kwarcab Karanganyar di ajang Eagle Scout Award/Lomba Pramuka Garuda Berprestasi tingkat Jawa Tengah.

Peserta melewati beberapa tahapan lomba meliputi tes tertulis, hasta karya, kemampuan indera manusia (KIM), kompas, scouting skill dan administrasi. Sementara untuk juri dalam lomba ini dari pelatih Pembina Kwarcab Karanganyar.

Advertisement

Salah satu peserta dari SDN 01 Gebyog, Mojogedang, Karanganyar, Fahrul, mengaku gembira dan bangga bisa mengikuti Lomba Pramuka Garuda Berprestasi  tersebut. Dia berharap bisa mengungguli peserta lainnya.

“Perasaan saya gembira sekali bisa mengikuti lomba ini, banyak teman, banyak pengalaman yang aku dapatkan dan aku berharap bisa mengungguli peserta lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, pembina dari Kwarran Tawangmangu, Karanganyar, Wila Anggarwati, sangat terkesan dengan Lomba Pramuka Garuda Berprestasi karena dapat melatih kepercayaan diri Pramuka siaga dalam berjuang dan semangat berkompetisi.

Advertisement

“Dari berbagai Kwartir Ranting [Kwarran] di Karanganyar anak-anak menampilkan karya-karya yang luar biasa kreatif dan inovatif,” tuturnya.

Dari hasil lomba tersebut diperoleh hasil Juara I Putra diraih Joviana Asaf Al Masi dari Kwarran Tawangmangu, Juara II Azka Arja Abimanyu dari Kwarran Karangpandan, dan Arya Bima Pratama Kwarran Mojogedang sebagai Juara III.

Sementara untuk putri antara lain Juara I diraih Amabel Nasywah S. dari Kwarran Tasikmadu, lalu Juara II Azahwa Dwi K. kontingen Kwarran Karangpandan dan Juara III Azza dari Kwarran Tawangmangu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif