Komunitas
Senin, 17 Maret 2014 - 03:11 WIB

KOMUNITAS BMX FLATLAND : Tak Punya Sepeda Tetap Bisa Gabung...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Solo BMX Flatland berfoto bersama seusai berlatih di kompleks Stadion Manahan Solo belum lama ini. (Arif Fajar S./JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Penggemar sepeda BMX cukup banyak jumlahnya di Kota Solo. Namun, seiring gempuran sepeda gunung/MTB (mountain bike) maka belakangan hari ini pamor sepeda BMX menurun, dan hanya dikenal di kalangan anak-anak saja.

Nyatanya, kenyataan itu tidak menyurutkan langkah seorang pemuda bernama Giradt Setyawan untuk terus berkreasi dengan sepeda BMX. Bersama Agus sahabatnya, Giradt yang sudah menggemari BMX Flatland, sebuah olahraga rekreasi yang menggunakan sepeda BMX mulai mengenalkan olahraga itu di Kota Solo.

Advertisement

Pertengahan 2008, Giradt bersama Agus mulai sering berlatih bersama mengasah kemampuan mengendarai sepeda BMX dengan berbagai trik, seperti berputar dengan bertumpu pada satu roda, melaju dengan mengangkat roda depan sepeda BMX dan trik lainnya, di kompleks Stadion Manahan Solo.

Aksi keduanya pun membuat sejumlah remaja tertarik, perlahan mereka yang semula hanya menonton pun ikut bergabung. Mencoba beradu nyali, namun itu ternyata tak cukup, karena mereka harus sabar dan mampu melatih keseimbangan saat mengendarai sepeda BMX.

Namun keinginan bergabung membuat para remaja itu pun tak takut jika cidera, karena dengan kesabaran berlatih menguasai trik dan kemampuan menjaga kesimbangan, BMX Flatland menjadi sesuatu yang asyik.

Advertisement

“Cowok bisa main BMX Flatland itu tambah keren, selain nambah temen dan sehat,” tutur Ridho, pelajar salah satu SMK di Solo kepada Solopos.com.

Hal serupa juga disampaikan Ardi Junianto yang akrab disapa Arjun. Menurut mahasiswa UMS ini, sebagai pengemar sepeda BMX bergabung dengan komunitas tersebut bisa menambah teman, apalagi dirinya bukan orang Solo.

Kini, anggota komunitas Solo BMX Flatland terus bertambah, kendati belum puluhan karena baru 15 orang, tetap ada harapan ke depan BMX Flatland sebagai olahraga rekreasi lebih memasyarakat.

Advertisement

Menurut Giradt, bagi yang tertarik sebenarnya boleh saja gabung kendati belum memiliki sepeda. Datang saja ketika anak-anak Solo BMX Flatland berlatih rutin, setiap Sabtu sore di kompleks Stadion Manahan Solo sisi utara.

“Tidak ada biaya pendaftaran atau iuran wajib tiap bulan. Bagi yang minat gabung bisa datang pas latihan atau kontak saya di nomor 085725494455,” papar Giradt.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif