News
Senin, 17 Maret 2014 - 04:11 WIB

Awas Biro Perjalanan Umroh Abal-Abal!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas menunjukan perbedaan buku asli dan palsu International Certificate Of Vaccination Or Prophylaxis (ICV) atau buku vaksin untuk haji dan umroh di Mapolres Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (7/2/2014). Pemalsuan tersebut menyebabkan negara mengalami kerugian hingga miliaran rupiah karena para tersangka telah melakukan aksinya sejak tahun 2007 hingga kini. (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Iqbal)

Solopos.com, MALANG–Masyarakat dihimbau untuk waspada terhadap praktek biro perjalanan umroh yang abal-abal apalagi yang menjanjikan bisa berangkat cepat dengan biaya yang sangat murah.

Purwaning Dyah Puspitarini, Pimpinan PT Mina Wisata Islami Cabang Malang, mengatakan di tengah maraknya masyarakat yang ingin berangkat umroh, tidak menutup kemungkinan terjadi praktek penyimpangan.

Advertisement

“Biro umroh abal-abal itu diantaranya menjanjikan jadwal keberangkatan namun belum ada kepastian menyangkut seat (kursi) di pesawat,” kata Dyah disela launching PT Mina Wisata Islami Cabang Malang, Minggu (16/3/2014).

Akibatnya kendati sudah ada jadwal keberangkatan namun kemudian menjadi molor. Jika jadwal keberangkatan molor maka secara otomatis jadwal kedatangan atau check in hotel di Madinah Saudi Arabia juga menjadi terkendala karena hotel keburu sudah penuh.

Advertisement

Akibatnya kendati sudah ada jadwal keberangkatan namun kemudian menjadi molor. Jika jadwal keberangkatan molor maka secara otomatis jadwal kedatangan atau check in hotel di Madinah Saudi Arabia juga menjadi terkendala karena hotel keburu sudah penuh.

Dampaknya jama`ah menjadi terlantar. Sehingga kasus 120 jama`ah asal Mojokerto yang terlantar di Jakarta dan gagal berangkat baru-baru ini bisa menjadi pelajaran mahal bagi masyarakat yang ingin berangkat ibadah umroh untuk memilih biro perjalanan yang baik.

“Karena itu adalah penting bagi sebuah biro perjalanan umroh juga turut mengedukasi jama`ahnya dan tidak menjanjikan sesuatu yang dalam prakteknya justru gagal terpenuhi,” jelas dia.

Advertisement

Pihak biro hanya berkewajiban memroses dokumen yang diterima dari jama`ah secara benar, sah sesuai prosedur, cepat dan tepat waktu. Namun yang harus dipahami adalah ada kalanya suatu proses visa mengalami keterlambatan, kesalahan penulisan atau foto visa tidak sama dengan foto paspor, kehabisan sticker visa, sistem komputer kedutaan yang mengalami kendala, maupun masalah teknis lainnya.

Terutama saat high season (ramai kunjungan umroh) sangat memungkinkan atau rentan terjadi hal-hal yang sangat merugikan image dan kredibilitas moril maupun materiil biro perjalanan umroh maupun calon jama`ah umroh sendiri.

“Karena itu masyarakat harus hati-hati dan jeli dalam memilih biro perjalanan umroh,” jelas dia.

Advertisement

Sutanto, Tour Leader PT Mina Wisata Islami Surabaya, mengatakan jadwal keberangkatan dan nomor seri kursi pesawat menjadi salah satu indikasi penting bagi para jama`ah yang hendak berangkat umroh.

“Yang paling penting dari sebuah biro perjalanan umroh adalah jangan sampai jadwal keberangkatan menjadi molor serta check in hotel sesuai jadwal. Karena kalau sampai molor akan memengaruhi check in hotel dampaknya kamar sudah diisi orang lain. Akibatnya jama`ah bisa terlantar. Biro perjalanan yang abal-abal tidak memerhatikan hal itu,” tambah dia.

Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang, mengatakan ibadah umroh saat ini menjadi pilihan masyarakat di tengah proses menunggu jadwal keberangkatan haji yang lama menyusul tingginya angka antrian untuk haji.

Advertisement

“Sehingga untuk memenuhi panggilan tersebut banyak masyarakat yang memilih untuk menjalankan umroh lebih dahulu,” sebutnya.

Karena itu adalah penting untuk memilih biro perjalanan umroh yang baik guna menghindari kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan apalagi sampai gagal berangkat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif