Teknologi
Sabtu, 15 Maret 2014 - 02:30 WIB

Miracle Machine, Pembuat Wine Gunakan Kontrol Smartphone

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bentuk Miracle Machine (gizmag.com)

Solopos.com, CALIFORNIA – Kolaborasi ahli wine asal California, Amerika Serikat (AS) ini menghasilkan sebuah mesin canggih yang ditunggu-tunggu para pecinta Wine. Diberi nama Miracle Machine, proses pembuatan wine instan ini hanya membutuhkan waktu selama 3 hari dan bisa dipantau perkembangannya melalui aplikasi smartphone.

Dilansir Dailymail, Senin (10/3/2014), ahli wine asal California, AS Kevin Boyer dan Philip James baru-baru ini menciptakan sebuah alat ajaib berbentuk botol yang dinamai Miracle Machine. Alat ini diyakini mampu mengubah air keran biasa menjadi wine berkualitas dengan estimasi waktu produksi selama tiga hari saja.

Advertisement

Berbentuk seperti bejana yang digunakan dalam laboratorium kimia, Miracle Machine memiliki semacam bilik fermentasi. Bagian inilah yang nantinya mengubah campuran air, sari anggur, ragi dan finishing powder menjadi wine.

Bilik ini memiliki sensor, transducer,pemanas dan pompa untuk menyediakan lingkungan yang cocok untuk tahapan fermentasi primer dan sekunder.

Selain alat, para developer juga membuat sebuah aplikasi yang digunakan di smartphone atau tablet. Aplikasi ini terkoneksi dengan Miracle Machine melalui Bluetooth untuk memantau perkembangan proses pembuatan wine.

Advertisement

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memilih rasa wine sesuai selera si peracik. Melalui aplikasi, si peracik akan diberitahu bahan apa saja yang perlu ditambahkan untuk menciptakan wine yang diinginkan. Misalnya takaran finishing powder yang tepat, akan membuat wine punya rasa seperti sudah melewati proses fermentasi bertahun-tahun.

Cara kerja produksinya tergolong sangat mudah. Pertama, anda hanya perlu memasukkan sebuah sachet berisi cairan anggur yang bisa dipilih melalui 6 varian rasa seperti Cabernet Sauvignon, Pinot noir dan Chardonnay. Setelah itu anda tinggal memasukkan air dan menunggunya selama 3 hari. Selama proses berlangsung, para pengguna bisa mengikuti perkembangannya melalui smartphone mereka yang telah diinstal oleh aplikasi penyambung Miracle Machine tersebut.

Meskipun terdengar sangat mudah dan menyenangkan namun alat ini juga mempunyai kelemahan yakni Wine hasil ciptaanya hanya bisa disimpan maksimal selama 2 minggu.

Advertisement

Mesin ini telah hadir di Gopego.com dan ini direncanakan segera rilis pada akhir tahun 2015 dengan bandrol harga 499 dolar AS atau sekitar Rp 5,2 juta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif