Jogja
Sabtu, 15 Maret 2014 - 15:49 WIB

MEGAPROYEK KULONPROGO : Pajak Tambang Galian C Harus Naik

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sungai Progo (JIBI/Harian Jogja/Nina Atmasari)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kalangan DPRD Kulonprogo mendesak eksekutif segera memberlakukan kebijakan kenaikan pajak tambang galian golongan C.

Wakil Ketua Komisi I DPRD, Sudharto memandang selama ini tambang galian C merupakan potensi besar untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kulonprogo. Sayang, menurut dia, pajak yang dikenakan kepada penambang nilainya masih kecil sehingga tidak mampu memberikan kontribusi maksimal untuk bisa meningkatkan PAD.

Advertisement

“Salah satu potensi yang sangat menjanjikan adalah pajak galian golongan C, terutama batu andesit. Kandungan batu andesit bumi Kulonprogo sangat besar. Volumenya mencapai jutaan meter kubik. Namun saat ini sumbangan terhadap PAD masih relatiF kecil,” ujarnya, Jumat (14/3).

Darto berharap dalam beberapa waktu ke depan pajak galian golongan C akan menjadi sumber utama PAD bagi Kota Binangun. Sebab, papar dia, dalam waktu dekat megaproyek akan segera terealisasi. Dia menjelaskan, pengerjaan mega proyek akan banyak menggunakan batu andesit, baik untuk proyek pasir besi maupun pembangunan bandara.

“Setelah mega proyek pun kebutuhan akan batu andesit akan terus meningkat. Karena nantinya Kulonprogo akan mengalami lompatan kesejahteraan yang cukup signifikan sehingga kebutuhan batu andesit dan pasir untuk mendukung pembangunan infrastruktur juga akan mengalami peningkatan yang sangat besar,” jelasnya.

Advertisement

Kendati begitu, Darto tidak menafikan sumber-sumber lain yang potensinya cukup besar dan seiring perjalanan waktu bisa terus dikembangkan. Sektor-sektor tersebut di antaranya, pariwisata selama ini terus mengalami kenaikan dalam kontribusinya terhadap PAD.

“Setelah bandara beroperasi, saya yakin pendapatan dari sektor pariwisata juga akan mengalami lonjakan besar,” lanjut dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif