Sport
Jumat, 14 Maret 2014 - 10:08 WIB

JELANG F1 AUSTRALIA : Jensen Button Yakin Bisa Saingi Mecedes dan Williams

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jenson Button pembalap Mc Laren. Ist/telegraph.co.uk

Solopos.com, MELBOURNE — Mercedes dan Williams disebut-sebut bakal melaju mulus pada seri pembuka Formula 2014 di Australia akhir pekan ini. Tapi pembalap McLaren Jenson Button percaya kedua tim itu bisa disaingi.

Anggapan Mercedes dan Williams bakal melaju mulus di GP Australia akhir pekan ini muncul setelah keduanya tampil oke di tes pramusim terakhir di Sakhir, Bahrain. Keduanya merajai catatan waktu dan juga di simulasi balapan.

Advertisement

Empat pembalap tercepat dari keseluruhan uji coba tersebut memang berasal dari Mercedes dan Williams yang notabene menggunakan mesin dari Mercedes. Duo Williams, Felipe Massa dan Valtteri Bottas masing-masing menempati pos satu dan empat, sementara pasangan Mercedes Lewis Hamilton dan Nico Rosberg di urutan dua-tiga.

Namun Button menilai bahwa hal tersebut tak sepenuhnya menjamin kedua tim bakal melenggang di sirkuit Albert Park nanti. Menurutnya, mesin baru musim ini punya torsi yang lebih besar dari sebelumnya dan itu membuat para pebalap kesulitan mengatasi wheelspin.

Kombinasi hal tersebut dengan trek Sakhir, Bahrain yang punya karakter unik lantas diyakini sedikit menciptakan kesan yang agak berlebihan terkait keunggulan Mercedes dan Williams. Oleh karena itu di Albert Park nanti Button percaya hasilnya bisa berbeda.

Advertisement

“Bahrain mungkin sirkuit terburuk untuk hal tersebut (berakselerasi tanpa wheelspin) karena temperaturnya panas dan permukaannya menyulitkan untuk mengeluarkan tenaga,” kata Button di Autosport seperti dikutip detiksport, Jumat (14/3/2014).

“Saya pikir ini adalah sebuah sirkuit yang unik, jadi saya merasa waktu putarannya akan jauh lebih ketat untuk keseluruhan balapan nanti daripada apa yang sudah kita lihat di uji coba,” lanjutnya.

“Itulah mengapa saya pikir tidak akan ada margin besar antara dua tim teratas dengan tim lainnya,” tambah pembalap 34 tahun ini.

Advertisement

“Ketika Anda melihat ke catatan waktu Williams dan Mercedes, mereka akan sulit untuk dikalahkan. Itu jika keandalan dan juga strategi balapan tidak jadi sebuah isu. Jadi saya masih berpikir mereka bisa ditantang akhir pekan ini,” demikian juara dunia F1 2009 tersebut. (JIBI/Solopos)

Advertisement
Kata Kunci : JELANG
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif