Soloraya
Jumat, 14 Maret 2014 - 05:31 WIB

JALAN RUSAK SUKOHARJO : Inilah 9 Ruas Jalan Kota Makmur yang Segera Diperbaiki

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintas di ruas Jl. Kyai Siraj, kawasan Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (20/2/2014). Kerusakan jalan tersebut membahayakan pengguna jalan ketika turun hujan dan malam hari. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO–Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo berencana merehab sembilan ruas jalan di Sukoharjo pada 2014. Perbaikan jalan tersebut menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Nasional (APBN) 2014 senilai Rp7,6 miliar.

Kabid Bina Marga DPU Sukoharjo, Jumadi, saat ditemui Solopos.com, Jumat (7/3/2014), mengatakan rehab jalan menggunakan DAK APBN 2014 tersebut dilakukan menyebar di seluruh wilayah Sukoharjo. Menurutnya, jalan-jalan yang sudah diplot sebagai lokasi perbaikan adalah jalan-jalan yang memiliki tingkat prioritas lebih tinggi.

Advertisement

“Dokumen lelang sudah kami siapkan. Tetapi saat ini masih dalam proses,” terangnya.

Ia menjelaskan, sembilan ruas jalan yang akan diperbaiki mulai Mei 2014 tersebut berada di Kecamatan Nguter, Polokarto, Bendosari, Baki, Bulu, Kartasura, Weru dan Sukoharjo. Jalan-jalan itu rencananya akan diaspal semua.

“Kami menyesuaikan anggaran. Total anggaran ada Rp7,6 miliar. Kami tidak melakukan betonisasi karena mempertimbangkan banyak hal seperti kenyamanan pengendara,” paparnya.

Advertisement

Menurutnya, jalan aspal lebih nyaman dilintasi meski tingkat keawetannya lebih rendah dibandingkan dengan jalan beton. Secara biaya, lanjutnya, jalan aspal juga lebih murah sehingga panjang jalan yang diperbaiki bisa lebih panjang.

“Aspal itu memang kalah kalau bertemu air. Makanya kalau musim hujan banyak jalan aspal yang rusak,” jelasnya.

Salah satu ruas jalan yang akan diperbaiki menggunakan DAK tersebut adalah jalan Tegalan-Mangkuyudan yang terletak di Desa Ngabeyan, Kartasura. Posisi jalan berada di sebelah selatan toko modern berjejaring Luwes Kartasura yang melintang dari timur ke barat.

Advertisement

Kepala UPTD Pekerjaan Umum (PU) Kartasura, Liek Tukimin, saat dihubungi Espos, Kamis, mengatakan ruas jalan Tegalan-Mangkuyudan memang mengalami kerusakan pada beberapa bagian. Hal tersebut, kata dia, terjadi karena ruas jalan itu menjadi akses utama truk dari arah Solo menuju Semarang atau Boyolali.

Menurutnya, warga sekitar sering mengeluhkan kerusakan jalan kepada dirinya. “Keluhan warga hanya secara lisan. Kalau keluhan tertulis memang belum ada. Saya yakin masyarakat juga menyambut baik rencana perbaikan itu,” pungkasnya.

Ruas jalan yang akan diperbaiki menggunakan DAK pada 2014:
1. Songgorunggi – Malangsari (Nguter)
2. Glondangan – Tugu (Polokarto)
3. Sukoharjo – Mulur (Bendosari)
4. Baki – Pajang (Baki)
5. Tawangsari – Bulu (Bulu)
6. Tegalan – Mangkuyudan (Kartasura)
7. Tegalsari – Grogol (Weru)
8. Telukan – Ngombakan (Polokarto)
9. Krajan – Gudang Dolog (Sukoharjo)
Sumber: Bidang Bina Marga DPU Sukoharjo

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif