Soloraya
Kamis, 2 Mei 2024 - 10:29 WIB

Termasuk Perbaiki Jalan, TMMD Karangdukuh Klaten Mei Ini Dianggarkan Rp655 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kodim 0723/Klaten dan Dispermasdes Klaten menggelar rapat pleno persiapan TMMD Sengkuyung Tahap II 2024, Selasa (30/4/2024). (Istimewa/Kodim Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Desa Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan, Klaten, menjadi sasaran kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Sengkuyung Tahap II yang akan digelar mulai 8 Mei hingga 6 Juni 2024 mendatang.

Dalam kegiatan kolaborasi antara Kodim 0723/Klaten bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten serta unsur terkait lainnya itu meliputi kegiatan fisik seperti perbaikan jalan, talut, dan lain-lain serta kegiatan nonfisik.

Advertisement

Terkait itu, Kodim dan Dispermasdes menggelar rapat pleno di Kantor Dispermasdes Klaten, Selasa (30/4/2024). Rapat itu digelar agar pelaksanaan TMMD selama sebulan berjalan lancar dan target terpenuhi.

Rapat dihadiri Pasiter Kodim Klaten Kapten Cba Budiyono, perwakilan Polres Klaten AKP Mateus, Kepala Dispermasdes Klaten Wahyuni Sri Rahayu, serta Forkopimcam Jogonalan.

Kapten Cba Budiyono mengatakan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2024 bakal digelar selama sebulan di Desa Karangdukuh, Jogonalan, Klaten. “Tujuan kegiatan TMMD Sengkuyung untuk menumbuhkan rasa gotong-royong di masyarakat, TNI dan Polri,” kata dia berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com dari Kodim Klaten.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dispermades Klaten, Wahyuni Sri Rahayu, menjelaskan anggaran pelaksanaan TMMD itu bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah senilai Rp280 juta dan APBD Klaten Rp375 juta. Sehingga, total anggaran yang dialokasikan Rp655 juta.

Ada dua sasaran kegiatan yakni fisik dan nonfisik. “TMMD akan dibuka 8 Mei dan penutupan 6 Juni 2024 dengan sasaran fisik berupa betonisasi jalan panjang 200 meter, lebar 4 meter, tebal 12 cm dan pembuatan talut dengan panjang 200 meter, lebar atas 30 cm, tinggi 3,4 meter dan lebar bawah  60 cm,” kata dia.

Sasaran nonfisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan bahaya kenakalan remaja, penyuluhan berita hoaks dan penyuluhan administrasi kependudukan.

Advertisement

Dalam pelaksanaannya, kegiatan dikerjakan masyarakat Desa Karangdukuh, TNI dari Kodim 0723/Klaten, Polres Klaten, sukarelawan dan perangkat desa serta unsur terkait lainnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif