Teknologi
Jumat, 14 Maret 2014 - 09:22 WIB

Begini Curhat Mark Zuckerberg yang Frustasi dengan Intelijen AS

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mark Zuckerberg (Bizpacreview.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, kesal dengan adanya tindakan intelijen AS yang memata-matainya.

Zuckerberg tidak menyebutkan tindakan pemerintah tertentu dalam posting tersebut. Namun, situs web The Intercept pada Rabu melaporkan, berdasarkan dokumen dari Snowden, bahwa NSA memiliki program untuk meniru server Facebook untuk mendapatkan akses ke komputer target intelijen. Kamis, NSA menyebut laporan itu “tidak akurat.”

Advertisement

Berikut ini, posting lengkap Zuckerberg melalui akun Facebooknya dalam mengungkapkan kekesalannya tersebut. “Ketika dunia menjadi lebih kompleks dan pemerintah di manapun sedang berjuang, kepercayaan pada Internet lebih penting saat ini daripada sebelumnya.

“Internet adalah ruang bersama kita. Ini membantu kita terhubung. Menyebar peluang. Hal ini memungkinkan kita untuk belajar. Ini memberi kita suara. Itu membuat kita lebih kuat dan lebih aman bersama-sama.

Untuk menjaga Internet yang kuat, kita harus tetap aman. Itu sebabnya di Facebook kami menghabiskan banyak energi kita membuat layanan kami dan seluruh Internet lebih aman dan lebih aman. Kami mengenkripsi komunikasi, kita menggunakan protokol aman untuk lalu lintas, kami mendorong masyarakat untuk menggunakan beberapa faktor untuk otentikasi dan kami pergi ke luar dari cara kami untuk membantu memperbaiki masalah-masalah yang kita temukan dalam pelayanan kepada orang lain.

Advertisement

Internet bekerja karena kebanyakan orang dan perusahaan melakukan hal yang sama. Kami bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan membuat ruang bersama kami bahkan lebih baik bagi dunia.

Ini adalah mengapa saya sudah sangat bingung dan frustrasi oleh laporan berulang-ulang perilaku pemerintah AS. Ketika insinyur kami bekerja tanpa lelah untuk meningkatkan keamanan, kita bayangkan kita sedang melindungi Anda terhadap penjahat, bukan pemerintah kita sendiri.

Pemerintah AS harus menjadi juara untuk Internet, bukan justru menjadi ancaman. Mereka harus lebih transparan tentang apa yang mereka lakukan, atau sebaliknya orang akan percaya yang terburuk.

Advertisement

Saya sudah menelepon Presiden Obama untuk mengekspresikan frustrasi atas bahaya pemerintah yang sedang menciptakan untuk semua masa depan kita. Sayangnya, tampaknya seperti itu akan memakan waktu yang sangat lama untuk reformasi penuh.

Jadi terserah kepada kita -kita semua- untuk membangun Internet yang kita inginkan. Bersama-sama, kita dapat membangun sebuah ruang yang lebih besar dan bagian yang lebih penting dari dunia daripada apa pun yang kita miliki saat ini , tetapi juga aman dan aman. Saya berkomitmen untuk melihat hal ini terjadi, dan Anda dapat mengandalkan Facebook untuk melakukan bagian kita.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif