Lifestyle
Kamis, 13 Maret 2014 - 08:20 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Hindari 5 Kesalahan Umum Penggunaan Sampo!

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi keramas menggunakan sampo (Endalldisease.com).

Solopos.com, SOLO – Sampo merupakan sebuah kebutuhan wajib dalam menjaga kesehatan rambut. tapi jangan dulu puas dengan apa yang Anda dapatkan setelah mencuci rambut Anda dengan sampo. Huffingtonpost, Selasa (11/4/2014), melansir beberapa kesalahan yang umum dilakukan dalam menggunakan sampo untuk membersihkan rambut.

Menggunakan Sampo yang Sama dalam Sepekan
Penata rambut Mario Russo mengungkapkan bahwa Anda tak usah terlalu sering keramas, cukup satu kali dalam sehari. Yang perlu diingat adalah Anda terkadang harus beralih sampo untuk mencegah penumpukan bahan tertentu seperti silikon. Ahli kimia kosmetik, Mort Westman mengatakan, dalam sebulan Anda disarankan mengganti sampo lain yang diformulasikan sesuai dengan jenis rambut Anda.

Advertisement

Rambut Tak Benar-Benar Basah Sebelum Sampo Digunakan
Kesalahan lain yang sering kali dilakukan sebelum mengaplikasikan sampo adalah rambut yang tak dibasahi secara sempurna. Tanpa air yang cukup, sampo tak akan berbusa. Karena itulah Anda akan cenderung menggunakan sampo yang relatif banyak. Jadi buatlah rambut Anda benar-benar basah, kalau dirasa perlu gunakan shower untuk membasahi rambut Anda sebelum membuat busa dengan sampo.

Fokus Membersihkan Bagian yang Sama
Kesalahan lainnya yang sering kali dilakukan orang adalah mengaplikasikan sampo ke tempat yang sama pada kulit kepala Anda, terutama bagian atas. Hal itu mungkin Anda lakukan karena sering kali melihat bagian atas kepala Anda kering dan bersisik. Cobalah untuk membalik rutinitas Anda dengan memulai mengaplikasikan sampo di pangkal leher Anda yang dilanjutkan meratakan busa tersebut ke seluruh bagian kepala.

Menggosok Terlalu Keras
Hindari menggosok dengan keras menggunakan kuku maupun telapak tangan. Anda cukup memijat kulit kepala Anda secara perlahan dengan ujung jari untuk membersihkan kotoran di kulit kepala.

Advertisement

Membilas Dengan Air Panas
Menggunakan air panas dalam membilas sampo dapat mengakibatkan kulit kepala dan rambut menjadi kering. Jadi sebaiknya Anda tetap menghindari penggunaan air panas dalam membilas busa sampo.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif