Jogja
Kamis, 13 Maret 2014 - 16:59 WIB

Kampanye Damai di Jogja akan Dimeriahkan dengan Gunungan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bendera partai politik peserta pemilu (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

Harianjogja.com, JOGJA-Pelaksanaan kampanye damai sebagai pembuka kampanye rapat terbuka Pemilu Legislatif 2014 akan diwarnai dengan kirab gunungan dari setiap partai politik peserta pemilu.

“Sehari sebelum pelaksanaan kampanye rapat terbuka, yaitu Sabtu [15/3/2014] pukul 14.00 WIB akan digelar kirab dari seluruh peserta kampanye dengan menampilkan budaya tradisional Yogyakarta yaitu gunungan,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja, Wawan Budianto, Rabu (12/3/2014).

Advertisement

Hanya saja, lanjut dia, gunungan yang akan dibawa oleh setiap partai politik tidak akan terbuat dari hasil bumi, namun terbuat dari berbagai bahan peraga kampanye seperti stiker, kaos dan bahan lainnya.

Gunungan akan diarak oleh 15 orang perwakilan dari masing-masing partai politik peserta pemilu. Kirab dimulai dari Museum Perjuangan menuju Sasana Hinggil Alun-Alun Selatan Kota Jogja dengan melintasi jalan Kolonel Sugiyono, Jalan Mayjen Sutoyo dan Plengkung Gading.

“Seluruh peserta kirab akan berjalan kaki. Tidak ada kendaraan bermotor yang digunakan. Semangat kami adalah kampanye ramah lingkungan,” tutur Wawan.

Advertisement

Selain perwakilan partai, kirab tersebut akan diikuti anggota panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam).

“Rencananya, ada gajah dan andong yang mengawali kirab. Sesampainya di Sasana Hinggil, gunungan juga akan diperebutkan,” kata Wawan.

Seluruh calon anggota legislatif dari Kota Jogja tidak akan mengikuti kirab namun menunggu di Alun-Alun Selatan untuk mengikuti kegiatan deklarasi kampanye damai yang digelar usai kirab.

Advertisement

Kampanye rapat terbuka akan digelar selama 21 hari mulai 16 Maret hingga 5 April.

Kota Jogja dibagi dalam dua zona, yaitu zona utara dan selatan. Di tiap zona akan ada satu partai politik yang menyelenggarakan kampanye rapat terbuka.

Di Kota Jogja terdapat sembilan lapangan yang bisa dimanfaatkan untuk kampanye, yaitu Lapangan Karangwaru (utara), Kridosono (utara), Mandala Krida (utara), Terban (utara), Mancasan (selatan), Minggiran (selatan), Sidokabul (selatan), Karang Kotagede (selatan), dan Parkir Ngabean (selatan).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif