Soloraya
Kamis, 13 Maret 2014 - 18:09 WIB

JOKOWI CAPRES : Spanduk Jokowi For President Bermunculan di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggalangan dukungan bagi Jokowi sebagai calon presiden di Solo terbilang dominan dilakukan. Tak heran jika Kota Bengawan kini menjadi salah satu alternatif kota tempat deklarasi pencapresan Jokowi. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Di sejumlah titik strategis Kota Solo, Jawa Tengah, akhir-akhir ini sering dijumpai spanduk bernada dukungan untuk Joko Widodo (Jokowi) menjadi Presiden RI 2014. Lokasi-lokasi itu antara lain di Jl. Ir. Sutami, Jl. R.M. Said tepatnya perempatan Pasar Nongko, dan proliman Jl. Monginsidi. Spanduk yang bertuliskan Salam Satu Jiwa, Ir. Joko Widodo for President 2014 itu juga menuliskan Ikatan Keluarga Solo Raya di bagian bawah.

Ditemui Solopos.com di ruangan kerjanya, Kamis (14/3/2014), Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo Sutardjo mengatakan tidak bisa menertibkan spanduk itu lantaran tak ada tanda partai politik apapun. “Kalau sudah berbunyi partai A atau partai B, kemudian ada ajakan untuk nyoblos dan spanduk itu di white area. Maka kami punya kewenangan untuk menertibkan,” jelas dia.

Advertisement

Selain itu, imbuh Sutardjo, pihaknya tidak memiliki wewenang menertibkan spanduk semacam itu. Sutardjo mengatakan saat ini posisi Jokowi masih belum ditetapkan sebagai calon presiden.

“Saya anggap itu masih kondisi yang lumrah dan belum menonjolkan sisi politik. Siapa saja bisa memasang itu,” tambahnya. Lebih lanjut dikatakan jika yang memasang spanduk adalah partai politik, maka pihaknya dapat menertibkan spanduk itu bekerjasama dengan panitia pengawas pemilu (panwaslu).

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Pos Komando (Posko) Center Rakyat Jokowi for Presiden 2014 Agus Widianto mengatakan pelaku pemasangan spanduk itu adalah sejumlah rekan-rekannya sesama pendukung Jokowi. “Memang teman-teman Ikatan Keluarga Solo Raya laporan sama saya, mau memasang spanduk itu di beberapa titik. Selama ini kami tidak pernah melanggar aturan dari Panwaslu. Tidak ada nama partai di spanduk, kan,” terangnya.

Advertisement

Agus juga menyebut spanduk dukungan itu dipasang lantaran pihaknya menginginkan Presiden RI adalah putra daerah Solo. “Saat ini sudah mengerucut kalau Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mencalonkan Jokowi sebagai calon presiden 2014. Apalagi kemarin Jokowi juga sudah nyekar ke Blitar, yang intinya adalah minta restu. Tinggal menunggu pendeklarasian saja. Kami berharap dukungan untuk Jokowi semakin meluas,” tutup Agus.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif