Bisnis.com
Rabu, 12 Maret 2014 12:50 WIB John Oktaveri/JIBI/Bisnis Internasional Share :

PESAWAT MALAYSIA AIRLINES HILANG
Kopilot Malaysia Airlines Ternyata Pernah Merokok di Kokpit

Solopos.com, JAKARTA—Beragam pemberitaan mulai muncul seiring menghilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 dengan rute Kuala Lumpur-Beijing pekan lalu.

Setelah muncul foto dimana pilot dan kopilot pesawat berfoto bersama penumpang yang kemudian tersebar di media-media online.

Kini, muncul juga kabar jika kopilot pesawat Malaysia Airlines yang hilang, Fariq Abdul Hamid, yang dikabarkan pernah mengajak seorang turis asal Australia dan temannya masuk ke ruang kokpit pesawat pada Desember 2011 lalu, saat terbang dari Thailand ke Malaysia.

Dalam penerbangan internasional dari Phuket ke Kuala Lumpur, sang kopilot pun dirumorkan merokok, foto bersama dan bercanda di dalam kokpit.

Padahal, merokok di ruang kokpit merupakan satu pelanggaran berdasarkan aturan perusahaan Malaysia Airlines selain tidak diizinkan mengajak penumpang ke ruang kontrol pesawat tersebut.

Penumpang yang diajak ke ruang kokpit itu bernama Jonti Roos dan Jaan Maree. Kejadian itu diungkapkan Roos bersama Maree dan mengakui sang pilot tersebut merokok selama penerbangan satu jam.

“Sepanjang penerbangan mereka mengajak bicara sambil merokok. Saya kira hal itu merupakan satu pelanggaran,” ujar Roos sebagaimana dikutip situs news.com.au, Rabu (12/3/2014).

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…