Soloraya
Rabu, 12 Maret 2014 - 22:50 WIB

PEMILU 2014 : Bawa Anak-anak, Kampanye Segera Dihentikan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (kesbangpol.kemendagri.go.id)

Solopos.com, BOYOLALI–Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) mengingatkan partai politik dan calon anggota legislatif (caleg) tidak melibatkan anak-anak dalam kampanye terbuka yang mulai berlangsung 16 Maret mendatang.

“Jika ada indikasi mobilisasi anak-anak, kampanye atau rapat umum terbuka akan langsung kami hentikan,” kata Anggota Panwaslu Boyolali, Narko Nugroho, Selasa (12/3/2014).
Narko mengatakan, larangan pelibatan anak-anak dalam kampanye terbuka sudah diatur jelas dalam Peraturan KPU Nomor 15, yang menyebutkan pelarangan mobilisasi peserta kampanye yang belum mempunyai hak pilih atau belum memenuhi syarat.

Advertisement

Dia melanjutkan, dalam UU Pemilu memang tidak ada sanksi yang mengatur larangan itu. Tetapi, dalam teknis pelaksanaan kampanye, kata Narko, Panwaslu bisa langsung mengeluarkan rekomendasi penghentian rapat umum jika ada anak-anak yang dilibatkan dalam kampanye.

Secara kasat mata keterlibatan anak-anak mudah sekali diketahui. Panwaslu tidak akan menerima alasan apapun untuk hal ini. “Kadang ada yang membawa anak kecil hanya karena alasan tidak ada yang menjaga di rumah. Selain itu ada juga anak-anak sekolah atau remaja yang pakai baju bebas ikut konvoi.”

Caleg dan parpol, kata Narko, diimbau untuk mengantisipasi pelanggaran ini dan memastikan simpatisannya tidak ada yang masih dibawah usia hak pilih.

Advertisement

Narko tak memungkiri praktek tersebut bisa saja terjadi. Mobilisasi terhadap masyarakat umum termasuk yang belum memiliki hak pilih bisa saja terjadi.

“Maka sejak awal kami menghimbau masyarakat atau simpatisan yang mau ikut kampanye jangan membawa anak-anak. Parpol atau caleg sudah tahu aturan ini jadi kami juga minta agar caleg bisa mengimbau kadernya untuk tidak melibatkan anak-anak dalam kampanye.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif