News
Selasa, 11 Maret 2014 - 17:29 WIB

PESAWAT MALAYSIA AIRLINES HILANG : TNI AU Perluas Pencarian ke Perbatasan Thailand

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (AU), Marsma Hadi Tjahjanto, mengatakan hingga saat ini pencarian pesawat Malaysia Airlines yang dilakukan Boeing 737-200 milik TNI AU belum mendeteksi adanya objek yang dicurigai sebagai badan pesawat yang jatuh di darat ataupun di laut.

“Sampai sekarang kita belum mendeteksi adanya objek yang dicurigai sebagai badan pesawat, kita akan laksanakan penerbangan selanjutnya, dan area pencarian diperluas,” jelasnya kepada Bisnis, Selasa (11/3/2014).

Advertisement

Hadi mengatakan pesawat khusus intai strategis milik TNI AU itu telah melakukan pencarian sesuai laporan dari pihak Malaysia di wilayah Penang dan Selat Malaka. Hari ini, area pencarian akan diperluas hingga ke perbatasan Thailand.

Pihak TNI AU juga belum berencana akan mengerahkan unit pesawat tambahan untuk melakukan bantuan pencarian pesawat MAS yang hilang. Menurut Hadi, dengan satu pesawat intai, pencarian pesawat MAS masih dapat dilakukan dengan lancar.

“Dengan pesawat TNI AU itu untuk menggapai area yang sangat luas. Itu juga dilengkapi dengan peralatan yang dapat memantau objek di atas permukaan laut dan daratan. Jadi dengan satu pesawat saja kita masih mampu,” tambahnya.

Advertisement

Dalam bantuan pencarian ini pihak TNI AU berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas), SAR Malaysia, dan juga SAR Kelautan yang kini telah mendirikan posko di Lanud Suwondo, Polonia, Medan. Seperti diberitakan sebelumnya, Indonesia telah menurunkan lima kapal perang dan satu pesawat intai khusus untuk membantu pencarian hilangnya pesawat Malaysia Airlines yang sejak Sabtu (8/3/2014) lalu telah hilang kontak.

Pesawat yang mengangkut 227 penumpang dan 12 awak ini bertolak dari Kuala Lumpur International Airport menuju Beijing, Cina, pada pukul 00.41. Namun dua jam seusai lepas landas, pesawat tersebut dinyatakan hilang kontak.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif