Soloraya
Rabu, 15 Mei 2024 - 20:50 WIB

Pendaftaran Cabup-Cawabup PDIP Klaten Dibuka Rabu Pahing, Mulyani: Hari Baik

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Klaten Sri Mulyani menyerahkan formulir pendaftaran cabup-cawabup kepada salah satu kader yang mendaftar di Kantor DPC PDIP Klaten, Rabu (15/5/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — DPC PDIP Klaten resmi membuka pendaftaran penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati atau cabup-cawabup untuk Pilkada Klaten 2024 mulai Rabu (15/5/2024). Jadwal pembukaan pendaftaran itu terhitung telat jika dibandingkan DPC beberapa daerah lain.

Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, mengungkapkan alasan penjaringan cabup-cawabup baru dibuka pada pertengahan Mei 2024, tepatnya Rabu Pahing, 15 Mei 2024, karena merupakan yang baik dan pas. Menurutnya, pembukaan pendaftaran penjaringan cabup dan cawabup itu sesuai instruksi DPP PDIP pada Maret 2024 lalu.

Advertisement

“Kenapa baru sekarang membuka penjaringan? Golek dina sing pas. Ini Rabu Pahing. Kalau agenda nasional, agenda besar biasanya Rabu Pahing. Wangsite seko langit ngono. Wis wektune hari ini pembukaan penjaringan dan pendaftaran,” kata Mulyani di Kantor DPC PDIP Klaten, Rabu.

Penjaringan itu juga diawali kembul bujana atau makan bersama. Mulyani mengungkapkan hal itu memiliki makna tersendiri yakni meski bisa mengusung calon sendiri, kembul bujana menjadi simbol PDIP siap berkoalisi dengan partai mana pun untuk memenangi Pilkada Klaten 2024.

Gaweane digarap bareng-bareng, tambah enteng, dan tambah nikmat. Insyaallah tambah berkah. Dengan hari yang cukup baik insyaallah dirahmati Allah. Dengan niatan baik, dengan kembul bujana ini, nanti kami akan menang Pilkada,” jelas dia.

Advertisement

Ketua Penjaringan dan Pendaftaran Cabup-Cawabup PDIP Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, mengatakan penjaringan terbuka untuk umum baik kader partai maupun nonpartai.

“Tetapi dipastikan kalau nonpartai, otomatis ketika mencalonkan diri menjadi cabup atau cawabup dari PDIP dalam prosesnya nanti akan ber-KTA [memiliki kartu tanda anggota] PDIP,” kata Hamenang.

Para bakal calon yang mendaftar akan menerima formulir pendaftaran, formulir biodata, surat pernyataan komitmen politik, serta formulir visi dan misi. Pengambilan formulir pendaftaran dibuka mulai Rabu (15/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024).

Advertisement

Sementara pengembalian formulir dibuka mulai Jumat (17/5/2024) hingga Rabu (29/5/2024). “Nanti hasil penjaringan dari DPC diserahkan ke DPD dan DPP dan akan ada proses selanjutnya mulai dari wawancara dan lain sebagainya. Pada saatnya nanti sampai muncul rekomendasi dari DPP,” ungkap Hamenang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif