Jogja
Sabtu, 8 Maret 2014 - 07:31 WIB

Sumbangan Dana Kampanye Gerindra Gunungkidul Rp1,3 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sumbangan dana kampanye pemilu 2014 partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Gunungkidul mencapai Rp1,3 miliar.

Jumlah sumbangan yang dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gununungkidul tersebut merupakan tertinggi dibanding 11 partai politik peserta pemilu lainnya.

Advertisement

Sumbangan dana kampanye tertinggi kedua adalah Partai Amanat Nasional (PAN) mencapai Rp1 miliar. Adapun sumbangan dana kampanye paling kecil adalah partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yaitu Rp55,9 juta.

Ketua KPU Gunungkidul Zainuri Ikhsan mengatakan, 12 partai politik peserta pemilu 2014 sudah melaporkan tepat waktu 2 Maret lalu. Hanya saja hampir semua partai laporannya kurang sempurna sehingga butuh perbaikan-perbaikan.

Bahkan rata-rata tidak ada data sumbangan dalam bentuk uang dari calon legislator ke partainya.

Advertisement

“Hanya ada dua partai yang ada laporan sumbangan uang dari caleg ke partai yaitu PAN dan PKS [Partai Keadilan Sejahtera]. Selebihnya sumbangan dalam bentuk barang dan jasa,” papar Zainuri Ikhsan saat ditemui di kantornya, Jumat (7/3/2014).

Hari kemarin juga merupakan batas akhir perbaikan laporan sumbangan dana kampanye partai politik Gunungkidul.

Zainuri menyatakan jumlah laporan sumbangan dana kampanye yang dirilis KPU Gunungkidul tersebut merupakan keseluruhan dari tahap pertama (27 Desember 2013) dan tahap kedua (2 Maret 2014). Zainuri mengaku KPU tidak memiliki kewenangan untuk pempertanyakan kebenaran materi dari sumbangan partai politik yang dilaporkan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif