AAU Jogja Buka Pendaftaran Taruna Baru

Taruna AAU (JIBI/Harian Jogja/Antara)Taruna AAU (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, SLEMAN—Akademi Angkatan Udara (AAU) Jogja kembali membuka pendaftaran taruna dan taruni baru pada 2014 ini. Mereka akan didik untuk menjadi perwira TNI Angkatan Udara.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjiptio Mayor Hamdi Londong menjelaskan selain tempat yang telah ditentukan untuk Jateng dan DIY, para calon dapat mendaftarkan di Dinas Personel Lanud Adisutjipto. Pendaftaran dibuka mulai 1 Maret hingga 30 April 2014 mendatang.

Persyaratan umum, lanjutnya, calon Taruna atau Taruni minimal berusia 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun. Terhitung sejak saat pembukaan pendidikan tanggal 1 Agustus 2014 mendatang. Selain itu harus tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara resmi oleh kepolisian.

“Serta tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap,” terangnya, Jumat (7/3/2014).

Ia menambahkan syarat lain yaitu sehat jasmani rohani, belum pernah menikah dan sanggup tidak akan menikah selama dalam pendidikan. Kemudian tinggi badan minimal 165 cm (pria) dan 160 cm (wanita) serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

Serta bersedia melaksanakan ikatan dinas pertama selama sepuluh tahun terhitung sejak dilantik menjadi Perwira TNI. “Terpenting yakni, bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Republik Indonesia,” ujar Hamdi Londong.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online di website http//rekrutmen-tni.ilmci.com, atau calon datang sendiri melaksanakan daftar ulang sesuai rayon. Calon pendaftar harus menyertakan ijazah terakhir asli dan fotokopi sesuai persyaratan.

Adapun bagi yang belum lulus sekolah agar melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah yang menerangkan pelamar masih duduk di kelas III SMA.

Perlu juga surat persetujuan/izin orang tua/wali yang diketahui Kepala Desa/lurah setempat, dan harus ada Surat Pernyataan tidak kolusi yang ditandatangani orang tua/wali di atas materai. Keterangan lebih rinci dapat dilihat di Kantor Pendaftaran Dinas Personel Lanud Adisutjipto Jogja telepon (0274) 488466 pswt 5334..

Editor: | dalam: Pendidikan |
Menarik Juga »