Jogja
Rabu, 5 Maret 2014 - 10:12 WIB

Hore, Harga Tiket Pameks Turun

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Prameks (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA–Tiket sejumlah kereta pada Selasa (4/3/2014) mengalami penurunan harga. Di Jogja, penurunan harga terjadi untuk tiket KA Sriwedari dan Prambanan Ekspress (Prameks).

Salah satu calon penumpang, Anisa, 25, warga Klaten mengaku kaget melihat pengumuman yang terpampang di loket Stasiun Lempuyangan. Harga tiket Prameks yang sebelumnya Rp10.000 kemarin hanya dipatok Rp6.000.

Advertisement

“Kaget pas menghitung kembalian ternyata harga tiket turun. Dulunya Rp10.000 naik prameks sekarang tinggal Rp6.000. Jadi ongkos pulang pergi sekarang bisa lebih murah lagi,” kata Anisa di Stasiun Lempuyangan, Selasa (4/3/2014).

Anisa menambahkan dengan penuruan harga tiket ini dia mengaku bersyukur. Dengan demikian biaya perjalanan pulang pergi dari Klaten ke Jogja bisa lebih ditekannya karena hampir sama dengan naik bus.

“Dulu memilih kereta sedikit terpaksa soal harga, namun kini jadi sedikit lega karena ada penurunan harga tiket itusendiri. Sebab memang lebih nyaman naik kereta dibandingkan naik bus,” jelas Anisa.

Advertisement

Calon penumpang lain, Ahmad, 30, warga Solo mengaku senang pula dengan penuruan harga tiket ini. Bukan hanya tiket Prameks saja yang turun, namun tiket KA Sriwedari AC dan non AC juga turun harga.

Tiket Sriwedari AC dulunya dijual Rp20.000 kini menjadi Rp10.000 dan Sriwedari non AC dulunya Rp10.000 kini menjadi Rp6.000.

“Kami menyambut gembira penurunan ini. Semoga penurunan harga ini tidak lantas mengurangi layanan PT KAI dalam pengoperasian kereta. Semoga bisa lebih terpacu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” kata Ahmad.

Advertisement

Salah satu petugas tiketing Stasiun Lempuyangan Indah mengatakan memang per Selasa (4/3/2014) kemarin, tiket Prameks dan Sriwedari turun harga. Namun pihaknya belum mengetahui penurunannya karena subsidi atau bukan.

“Yang jelas instruksinya memang turun harga. Prameks dan Sriwedari non AC jadi Rp6.000 dan Sriwedari AC jadi Rp10.000. Makanya kami tuliskan pemberitahuan itu di depan loket,” jelas Indah.

Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Bambang Setio Prayitno mengaku belum bisa memberikan penjelasan resmi terkait penurunan ini. Dia mengatakan penurunan ini memang instruksi dari Pusat.

“Kami belum merilis secara resmi di media massa mengenai penurunan ini, namun memang benar ada penurunan harga tiket. Penurunan ini berlaku hari ini [kemarin, Selasa [4/3],” jelas Bambang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif