News
Selasa, 4 Maret 2014 - 21:50 WIB

Militer Mesir Klaim Punya Alat Penyembuh AIDS

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - militer mesir (slate.com)

Solopos.com, KAIRO – Klaim militer Mesir tentang penemuan alat pengobatan untuk penyakit AIDS dan Hepatitis malah jadi bahan tertawaan. Perangkat yang diberi nama C-Fast itu dikatakan mirip dengan perangkat detektor bom bernama ADE 651. Menariknya ADE 651 ternyata teknologi bohongan.

Laman TechCrunch, Senin (3/2/2014), melaporkan sebuah analisis menggambarkan alat temuan militer Mesir dinyatakan tidak teruji secara ilmiah mampu menyembuhkan penyakit AIDS dan Hepatitis. Alat in bahkan dicurigai merupakan perangkat ADE 651 yang ditarik dari peredaran karena dianggap palsu.

Advertisement

Sabtu 22 Februari 2014 lalu militer Mesir menyatakan telah menemukan alat untuk mengobati AIDS dan Hepatitis. Kecurigaan muncul karena alat tersebut ternyata mirip dengan sebuah detektor bom palsu yang sempat dijual di Irak.

C-Fast diduga scam, seperti kembarannya ADE 651. Hal ini senada dengan ungkapan Gerakan Pemuda Shabab di Libya. Militan Jihad ini secara gamblang melakukan analisis dan merilis sebuah foto yang menunjukkan kemiripan alat ini.

Hal ini pun kemudian ditegaskan oleh Dan Kaszeta, mantan opsir di Korps Kimia militer Amerika Serikat yang sekarang jadi konsultan anti terorisme. Menurutnya, memang benar C-Fast adalah gadget yang sama dengan ADE 651.

Advertisement

“Klaim ilmiah di baliknya adalah kebohongan. Sangat konyol ada sebuah perangkat elektronik tanpa sambungan listrik dan tak ada komponen yang bekerja mampu membunuh virus,” sebutnya.

ADE 651 pada awal milenium beredar bebas di Irak. Beberapa waktu kemudian terungkap fakta bahwa perangkat ADE 651 ini ternyata hanyalah scam atau tipuan. Produsennya kemudian ditangkap dan diadili karena telah melakukan pidana penipuan.

C-Fast merupakan perangkat yang dikembangkan oleh militer Mesir dan telah digunakan sejak 2013.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif