Soloraya
Minggu, 2 Maret 2014 - 06:30 WIB

MTA Siapkan Relawan Pemilu

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah satgas MTA dan tamu undangan mendengarkan sambutan Ketua MTA, Ustaz Ahmad Sukina di Gedung MTA kawasan Mangkunegaran, Solo, Sabtu (1/3/2014). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO-Ketua Majels Tafsir Alkuran (MTA) Ustaz Ahmad Sukina mengatakan pihaknya akan menyiapkan relawan untuk membantu penyelenggara pemilihan umum (pemilu) agar pemilu berjalan baik. Pihaknya mengaku siap menyuksesakan pemilu di bawah kendali yang berwenang.

“MTA siap membantu di bawah kendali yang berwajib, bukan sekehendak sendiri. Kami berharap pemilu yang akan datang berjalan aman,” ujar Sukina ketika memberi sambutan pada acara di Gedung MTA Solo, Sabtu (1/3/2014).

Advertisement

Pada siang kemarin MTA dan Bawaslu Provinsi Jateng menjalin kerja sama penyiapan relawan pemilu. Hadir pada acara itu Dandim 0735/Solo, Letkol (Inf) Sumirating Baskoro, sejumlah kapolres di Soloraya atau yang mewakili, ratusan satgas MTA se-Jateng dan sebagainya.

Menurut Sukina, pada pemilu mendatang pihaknya siap mengirimkan satgas untuk membantu pelaksanaan pemilu di berbagai daerah di Indoesia. Karena MTA setidaknya dinilai telah eksis sejak dari Sabang sampai ke Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu Koordinator Divisi Pengawasan dan Humas Bawaslu Jateng Teguh Purnomo, mengatakan tugas yang diembannya cukup berat yaitu mendapatkan pemilu yang sah. Untuk itu pihaknya menggandenga beberapa unsur termasuk di antranya MTA.

Advertisement

Karena jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Jateng dinilai cukup banyak, kira-kira 77.693 buah. Sedangkan jumlah pengawas pemilu 25.070 sehingga dinilai tak sebanding, karena jumlah pengawas hanya sepertiganya.

Sedangkan Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo meminta MTA tidak memrofokasi warganya tidak nyoblos. Pihaknya juga meminta para satgas MTA yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia ikut membantu memberi rasa aman kepada masyarakat.

“Jangan seperti para pemimpin bangsa ini yang sering kali memberi pernyataan-pernyataan yang negatif. Kan kalau kita lihat berita di media massa dan kita kumpulkan jadinya kan demikian?” ujar Joko.

Advertisement

Dia berharap para satgas MTA yan diterjunkan untuk membantu menyukseskan pemilu mendatang bersikap netral. Joko mengimbau satgas MTA tidak ikut campur urusan penyelenggaraan pemilu.  Karena hal itu dinilai telah ada yang mengurusinya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif