Soloraya
Minggu, 2 Maret 2014 - 16:16 WIB

JOKOWI CAPRES : Ratusan Relawan Tijitibeh Boyolali Dukung Joko Widodo

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Relawan Tijitibeh mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi sebagai Presiden 2014-2019 di kawasan Tugu Jam Boyolali, Minggu (2/3/2014). (Septhia R/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI–Penggalangan dukungan kepada Gubernur DKI, Joko Widodo (Jokowi), untuk maju sebagai calon presiden (capres) tak hanya dari segenap masyarakat Kota Solo, tapi juga mengalir dari sejumlah elemen di Kabupaten Boyolali.

Hari Minggu (2/3/2014) ratusan relawan yang tergabung dalam Mukti Siji Mukti Kabeh (Tijitibeh) menggelar deklarasi Jokowi for president yang dipusatkan di kawasan Tugu Jam Boyolali, bersamaan dengan car free day. Diawali dengan arak-arakan di jantung kota di Jl. Pandanaran itu, oleh puluhan pemuda yang menamakan diri sebagai Laskar Kotak-kotak.

Advertisement

Mayoritas, relawan tersebut mengenakan kaos bergambar mantan Wali Kota Solo itu. Mereka juga membentangkan spanduk bertuliskan “Jokowi, pemimpin yang bekerja dengan hati”, serta sejumlah poster dan foto Jokowi. Selain itu bendera kotak-kotak juga menghiasi kegiatan tersebut.

Setelah seluruh rombongan sampai di seputaran tugu jam, salah satu perwakilan naik ke panggung untuk membacakan deklarasi. Kegiatan itu disemarakkan pula dengan hiburan berupa tari tradisional khas lereng Merapi-Merbabu, Topeng Ireng, dan pentas musik dangdut.

Koordinator aksi, Kani Nur Rohman mengungkapkan, aksi ini berawal dari perbincangan minum kopi.

Advertisement

”Semula kami hanya ngumpul dan ngobrol–ngobrol, satu-dua orang. Kami melihat di media massa, begitu banyak dukungan kepada Jokowi untuk menjadi presiden. Akhirnya kami sepakat mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi menjadi presiden 2014-2019,” katanya saat ditemui di sela-sela aksi, Minggu.

Menurut warga Kecamatan Selo ini, pihaknya kemudian mengumpulkan warga dan relawan di sekitar lereng Merapi-Merbabu untuk menggelar deklarasi ini. Ternyata sambutan hangat diperolehnya. Bahkan dirinya juga mendapat dukungan dari hampir 19 kecamatan yang ada di Boyolali ini.

“Target semula kami memperkirakan 500 orang, tapi ternyata dari daftar yang hadir, jumlahnya mencapai 800 orang. Kemudian dari hasil beberapa kali pertemuan, kami memperoleh nama tijitibeh yang artinya mukti siji mukti kabeh [sejahtera satu, sejahtera semua],” lanjutnya.

Advertisement

Dukungan kepada Jokowi, imbuh dia, lantaran melihat kepribadian Jokowi sosok yang bersih, kharismatik, dan tegas. Namun menurut dia, elit-elit partai politik di tingkat pusat belum melihat dan mempertimbangkan hal itu.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memperlihatkan kepada pusat bahwa dukungan dari arus bawah kepada Jokowi sangat besar,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif