News
Minggu, 2 Maret 2014 - 06:45 WIB

Ini Dia Gaya Angel Lelga Main Ketoprak di Balekambang

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Artis Angel Lelga ikut bermain Ketoprak dengan lakon Lahirnya Ki Ageng Pemanahan yang digelar di GedunG ketoprak, balekambang, manahan, Solo, Sabtu (1/3/2014) malam. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Mau tahu gaya Angel Lelga main ketoprak? Ini dia gaya caleg PPP ini.

Artis Angel Lelga ikut bermain Ketoprak dengan lakon Lahirnya Ki Ageng Pemanahan yang digelar di GedunG ketoprak, balekambang, manahan, Solo, Sabtu (1/3/2014) malam. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Advertisement

Dua laki-laki berpakaian jawa, lengkap dengan blangkon berbincang dengan bahasa Jawa. Mereka ditemani seorang wanita bersanggul pun lengkap dengan kebaya dan jarik. Ketiganya sedang memainkan lakon  Danang Sutowijoyo Lahir. Tanpa alas kaki, mereka menghibur penonton dengan luwes.

Namun, seorang wanita berbalut kain batik dan berjilbab muncul di tengah-tengah lakon. Sepatu hak tinggi berwarna pink menghiasi kakinya yang jenjang. “Ono opo to iki ribut-ribut terus,” ujar wanita yang kerap disapa Angel Lelga tersebut. Ia pun berbaur dengan ketiga pemeran dalam pertunjukkan ketoprak yang digelar di Balekambang, Sabtu (1/3/2014).

Kemunculan Angel Lelga dalam pertunjukkan ketoprak dengan seketika membuat sekitar 100 penonton tertawa. Dalam lakon Danang Sutowijoyo Lahir, Angel Lelga berperan sebagai permaisuri Sultan Hadiwijaya. Sepanjang kehadirannya, tawa penonton terus menghiasai pertunjukkan.

Advertisement

Salah satu pemain justru menirukan logat Rhoma Irama ketika beradu akting dengan Angel Lelga. Bahkan, Angel Lelga bersama pemain menyanyikan sebagian lirik lagu Judi maupun lagu dangdut lain karya Rhoma Irama. Selain itu, Angel Lelga pun memesan lagu oplosan kepada penabuh gamelan. Ia bernyanyi dan bergoyang oplosan di atas panggung bersama pemain ketoprak lainnya.

Kehadiran Angel Lelga ternyata tidak hanya menghibur para penonton, tapi juga pihak penyelenggara. Pasalnya, menurut koordinator ketoprak, Tatak Prihantoro, tiket laris manis diborong penonton. Ia menerangkan sekitar 100 tiket terjual pada malam ini. “Kalau habis hujan biasanya hanya 30 sampai 40 tiket yang terjual, 50 tiket itu sudah bagus banget. Tapi ini habis hujan, bisa terjual 100,” terangnya ketika dijumpai Solopos.com, Sabtu.

Tatak mengatakan ada pula kelompok masyarakat Boyolali yang memesan 100 tiket dua hari silam. Akan tetapi, ia menjelaskan tidak semua tiket dipakai oleh si pemesan. Menurutnya, satu tiket seharga Rp10.000. “Ya terserah yang mesen, kalau mau dibayar semua ya mau, dibayar berapa pun juga mau,” ujar dia.

Advertisement

Terpisah, salah satu penonton pertunjukan ketoprak, Fajar Wiyatityas, mengatakan materi pertunjukkan yang disajikan bintang tamu Angel Lelga tidak terlalu masuk ke dalam materi cerita. “Bintang tamu enggak masuk ke materinya. Biasanya memang dikreasikan dengan lagu daerah lain, tapi kalau main oplosan ya enggak masuk ke pengiringnya,” ujar warga Banyuanyar, Banjarsari tersebut. Sebagai penggemar ketropak, ia dan keluarganya mengaku cukup terhibur dengan kehadiran Angel Lelga.

 

Terpisah, Angel Lelga menjelaskan seni peran merupakan bagian dari hidupnya. “Ini adalah jiwa saya, bagian dari dunia saya. Ketika diminta berpartisipasi, tentu tidak berpikir dua kali,” terangnya ketika dijumpai wartawan sebelum pertunjukkan dimulai. Ia mengaku pernah memainkan berbagai kesenian jawa seperti keroncong maupun ndalang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif