Soloraya
Sabtu, 1 Maret 2014 - 22:29 WIB

LAHAR HUJAN MERAPI : Truk Terseret Lahar Ditemukan Rusak Berat

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lahar hujan (JIBI/Harian Jogja/dok)

Solopos.com, KLATEN—Setelah melakukan upaya pencarian berjam-jam, bangkai truk yang terseret lahar hujan di Dam Karangbutan di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, pada Jumat (28/2) sore akhirnya berhasil ditemukan. Bangkai truk kemudian dievakuasi warga dan sukarelawan pada Sabtu (1/3/2014) sore dalam kondisi rusak parah.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana dan Daerah (BPBD) Klaten, truk berhasil ditemukan setelah warga dan sukarelawan mencari berjam-jam dari pagi sampai sore, Sabtu. Pencarian bangkai truk memerlukan waktu yang sangat lama akibat terkubur hampir sedalam 5 meter.

Advertisement

Setelah berusaha keras, truk akhirnya ditemukan di tumpukan material vulkanis yang terbawa aliran lahar hujan. Saking sulitnya, warga dan sukarelawan sampai mengerahkan dua alat berat untuk mengeluarkan truk dari timbunan material.

Setelah beberapa jam, truk berplat nomor K 1739 PH itu pun berhasil dievakuasi dan dipindahkan dari alur Kali Woro. Truk tersebut bahkan menjadi tontonan warga yang penasaran di sekitar cek Dam Karangbutan.

Sukarelawan dari Rescue Turahan Awu, Suharno, memaparkan lamannya proses evakuasi disebabkan minimnya alat berat dan proses negosiasi dengan penambang. Pasalnya, penambang sempat merasa keberatan pasir yang menimbun truk diambil dengan alat berat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif