Soloraya
Sabtu, 1 Maret 2014 - 18:45 WIB

ANGIN KENCANG KARANGANYAR : Puting Beliung Terjang Matesih Karanganyar

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Puting beliung merusak sejumlah rumah warga di Matesih, Karanganyar, Jumat (28/2/2014) petang. Selain itu, puting beliung juga menumbangkan beberapa pohon di Karangpandan, Karanganyar. Tak ada korban jiwa saat kejadian tersebut, namun kerugian material ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru Kristianto, mengatakan rumah warga yang rusak akibat puting beliung berada di Dusun Klangon, Gantiwarno, Matesih. Sedangkan, beberapa pohon ukuran besar yang tumbang berada di Dusun Kurya, Bangsri, Karangpandan.

Advertisement

“Rumah rusak akibat puting beliung di Klangon mencapai sembilan unit [genting berterbangan]. Sedangkan, puting beliung di Kuryo menyebabkan puluhan pohon tumbang dan tiga rumah warga rusak,” katanya kepada Solopos.com, Sabtu (1/3/2014).

Heru mengimbau kepada warga Karanganyar untuk mewaspadai puting beliung di musim penghujan. Saat terjadi hujan deras disertai angin kencang, hendaknya warga segera mengungsi ke lokasi yang dinilai lebih aman. “Terutama sekali warga yang tinggal di daratan tinggi. Saat keluar rumah harus melihat situasi. Segera laporkan kepada petugas kalau terjadi bencana alam,” katanya.

Sejauh ini, warga dibantu anggota BPBD Karanganyar sudah membersihkan puing akibat puting beliung. Begitu pula, pohon yang tumbang akibat puting beliung sudah dibersihkan. “Warga sudah beraktivitas seperti biasa,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif