Logo Volkswagen (Dok/JIBI) Logo Volkswagen (Dok/JIBI)
Jumat, 28 Februari 2014 06:20 WIB Emanuel Tome Hayon/JIBI/Bisnis Roda 4 Share :

VW Siap Investasi di Indonesia Tahun Ini

Solopos.com, JAKARTA—Rencana investasi pabrikan otomotif Jerman Volkswagen dipastikan akan berjalan sesuai dengan rencana yakni pada tahun ini.

Volkswagen merupakan salah satu produsen yang membukukan penjualan tertinggi ketiga di dunia, dengan total penjualan mencapai 9,5 juta unit dari seterunya General Motor Company pada posisi kedua, dan Toyota Motor Corp dengan jumlah penjualan terbanyak mencapai 9,9 juta unit sepanjang 2013.

Di kawasan Asia, Volksawagen merupakan penguasa penjualan di China bersama General Motors Company.

Dengan melakukan investasi di Indonesia ini, dipastikan VW akan merebut pasar otomotif domestik yang selama ini dikuasai oleh pabrikan asal Jepang dengan angka penjualan diatas 100.000 unit setiap tahunnya.

Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto menilai realisasi investasi tersebut merupakan salah satu cerminan bahwa pasar Indonesia masih sangat bertumbuh sehingga pemain otomotif dunia saling berebutan menghadirkan produknya di Indonesia dan menghambil hati konsumen domestik.

“Dengan jumlah penjualan yang baik diatas 1 juta unit menandakan bahwa industri otomotif kita masih sangat potensial untuk mendatangkan investor otomotif dunia lainnya,” ujar Jongkie, Kamis (27/2/2014).

Jongkie menerangkan dengan hadirnya VW nanti yang berada di bawah bendera PT Indomobil Sukses International Tbk, dipastikan pemasaran VW akan berjalan baik karena Indomobil termsuk goup otomotif terbesar di pasar domestik dengan jaringan pemasaran yang banyak.

Namun, Jongkie belum memastikan seberapa besar pasarnya karena terkait produk apa yang harus diluncurkan ke pasar domestik. “Pasar Indonesia kan lebih banyak menyukai mobil segmen MPV. Hanya saja kita belum tahu apa gebrakannya nanti,” ungkap Jongkie.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian, M.S Hidayat, memastikan bahwa Volkswagen A.G, pabrikan mobil asal Jerman akan merealisasikan investasinya di Indonesia tahun ini.

Hidayat menjelaskan, Volkswagen sudah bersiap menyasar pasar domestik dengan melakukan riset yang besar semenjak tahun lalu. Pihak Volkswagen pernah menyatakan akan berinvestasi sebesar US$140 juta atau sekitar Rp1,3 trilliun di Indonesia. Pabrik yang akan dibangun oleh Volkswagen merupakan pabrik completely knocked down atau perakitan.

Sejauh ini, Bisnis belum berhasil menghubungi pihak Indomobil untuk mengkonfirmasi terkait realisasi investasi pabrikan Jerman VW di Indonesia pada tahun ini.

LOWONGAN PEKERJAAN
QUALITY CONTROL & ADMIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…