Gunung Kelud ketika masih berstatus Awas (JIBI/dok)
Jumat, 28 Februari 2014 18:18 WIB Amiruddin Zuhri/JIBI/Harian Jogja Peristiwa Share :

Status Kelud Turun ke Waspada

Solopos.com, JOGJA—Gunung Kelud hampir mengakhiri siklus letusannya. Gunung yang meletus hebat pada 13 Februari 2014 lalu secara resmi statusnya diturunkan dari Siaga Level III ke Waspada Level II, Jumat (28/02/2014) .

Keputusan ini diambil setelah menganalisa data aktivitas gunung yang berada di Jawa Timur tersebut. Berdasarkan hasil pemantauan menerus secara visual dan instrumental, menunjukkan adanya penurunan aktivitas Kelud. “Terhitung tanggal 28 Februari 2014 pukul 16.30 WIB Status Gunung Kelud diturunkan dari siaga menjadi Waspada,” kata Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Surono dalam pesan singkatnya kepada Harianjogja.com Jumat (28/02/2014).

Dalam status ini maka daerah rawan pun juga dikurangi. Jika dalam status Siaga, wilayah 5 km dari kawah Kelud harus dikosongkan, kini tinggal 3 km saja.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…