Jogja
Jumat, 28 Februari 2014 - 14:48 WIB

Selopamioro Sulit Kembangkan Potensi Alam

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, BANTUL- Kepala Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Bantul, Himawan, memaparkan potensi alam yang dimiliki wilayah tersebut belum tergarap.

Padahal, potensi ini bisa menjadi pendukung pariwisata DIY.

Advertisement

“Kami sebenarnya punya alam yang cukup bagus juga bukit hijau didukung pertanian yang subur. Tapi kami masih merupakan desa tertinggal,” kata Himawan, saat menerima kunjungan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Balai Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri, Rabu (26/2/2014).

Kades membeberkan potensi alam seperti Goa Song Bolong yang sebenarnya cukup potensial untuk digarap sebagai sektor wisata. Hanya desa kebingungan mengembangkan goa untuk pariwisata karena dibutuhkan anggaran tidak sedikit.

Menurut dia, Selopamioro juga punya potensi seni yang bisa diandalkan sebagai keragaman kebudayaan DIY namun juga tidak terdukung fasilitas yang memadai.

Advertisement

Desa Selopamioro berpenduduk 16.000 jiwa dan mayoritas kepala keluarga bermata pencaharian bertani di pola tani tadah hujan sehingga tidak bisa panen setiap waktu seperti desa lain di Bantul. Karenanya, pihaknya sangat menunggu pembangunan embung seperti yang dijanjikan oleh Gubernur.

Himawan melaporkan alokasi bantuan dari Pemerintah DIY. Pada 2013 bantuan untuk dua jenis kegiatan berupa pemberdayaan yakni pembangunan fisik dan kegiatan swakelola.

Bantuan untuk kegiatan swakelola senilai Rp1 miliar diperuntukkan peningkatan hasil ternak sapi putih yang dikembangkan di 19 kelompok dengan total 100 ekor. Adapun sisanya untuk kegiatan fisik, pembangunan cor blok usaha tani dan pembangunan irigasi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif