Foto ilustrasi penanggulangan huru-hara. (JIB/Solopos/Dok.) Foto ilustrasi penanggulangan huru-hara. (JIB/Solopos/Dok.)
Jumat, 28 Februari 2014 16:19 WIB JIBI/Harian Jogja/Antara Kota Jogja Share :

PEMILU 2014
Kerawanan Konflik Lebih Tinggi daripada Pemilu 2009

Solopos.com, JOGJA– Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Kapolda DIY) Brigjen Pol Haka Astana menyatakan situasi keamanan menjelang pelaksanaan Pemilu 2014 cenderung berbeda dengan Pemilu 2009.

Situasi kerawanan diperkirakan lebih tinggi karena kompetisi antar dan intern parpol lebih kuat dalam memperoleh dukungan suara.

“Kalau sebelumnya kan antarpendukung lain partai, tapi sekarang di dalamnya sendiri kan ada kompetisi juga,” katanya, usai simulasi pengamanan pemilu bersama Polresta Jogja, Jumat (28/2/2014).

Berbagai persiapan, menurut dia, telah dilakukan dalam menghadapi Pemilu diantaranya penyiapan posko informasi Pemilu serta penyiapan personel untuk ditempatkan di kantor KPU dan TPS.

“Jadi nanti ada polanya, dalam satu TPS akan ada dua personal yang membantu sepuluh Linmas, tergantung situasi,” katanya.

Menjelang dan saat Pemilu 9 April di DIY akan terdapat beberapa titik rawan yang harus diwaspadai. Namun demikian, manurut dia, tidak dapat ditentukan secara pasti, karena akan selalu mengalami perubahan dan terus dievaluasi.

“Misalnya di perbatasan-perbatasan provinsi kan ada beberapa TPS yang kemungkinan pemilihnya hanya dengan menggunakan KTP. Serta kemungkinan masuknya para penonton ke TPS setelah selesai memilih dan mendukung calon yang ada di situ. Ini menimbulkan kerawanan,” katanya.

Ia mengatakan sesuai instruksi Kapolri apabila situasi kerawanan yang kemungkinan terjadi hingga membahayan jiwa maka akan segera diambil tindakan hukum secara terukur, sesuai Undang-Undang.

“Ada satu unit yang memang nanti ditugaskan untuk mengambil tindakan hukum untuk melumpuhkan,”katanya.

lowongan pekerjaan
DESIGN GRAFIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Bangjo untuk Citra Kota Solo

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/9/2017). Esai ini karya Sugeng Riyanto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah ust.sugeng@gmail.com. Solopos.com, SOLO —┬áDalam rapat kerja Komisi III DPRD Kota Solo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota…