Soloraya
Jumat, 28 Februari 2014 - 23:30 WIB

PASAR IR SOEKARNO SUKOHARJO : Pengunjuk Rasa Gagal Duduki Eks Gedung Lawa

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah aktivitas mahasiswa melakukan aksi teatrikal arogansi Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, saat berunjuk rasa di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GPPPD) Sukoharjo, Jumat (28/2/2014) siang. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO–Pengunjuk rasa gabungan pedagang Pasar. Ir. Soekarno, Sukoharjo, Jumat (28/2/2014) sore bersama aliansi buruh dan mahasiswa, gagal menduduki Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GPPPD) di lahan eks Gedung Lawa.

Pengamatan Solopos.com, upaya pengunjuk rasa menduduki gedung bernilai sekitar Rp21 miliar terhadang barikade aparat kepolisian. Namun mereka berhasil merangsek ke halaman dan lobi gedung. Padahal sebelumnya petugas memasang tanda larangan masuk area GPPD.

Advertisement

Di lobi gedung, pengunjuk rasa berorasi dan duduk-duduk. Sebagian yang lain memasang spanduk bertuliskan Pasar Darurat Pasar Sukoharjo. Pengunjuk rasa juga melakukan aksi teatrikal menggambarkan arogansi dari Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya kepada pedagang.

Aksi tersebut dilakukan oleh mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STAIMUS. Pengamatan Solopos.com sosok Bupati Sukoharjo diperankan oleh mahasiswa bertubuh tambun. Yang bersangkutan mengenakan topeng bergambar wajah orang nomor satu di Kota Makmur.

Sedangkan pedagang pasar diperankan mahasiswa bertubuh kerempeng. Dalam aksi tersebut pemeran pedagang diinjak, ditendang dan diseret menggunakan tali oleh pemeran tokoh bupati. Perbuatan tersebut dihentikan oleh tokoh lain representasi dari kekuatan rakyat.

Advertisement

Tokoh yang muncul terakhir ini mampu menghentikan sikap arogan bupati. Ketua Himpunan Pedagang Pasar Kota Sukoharjo (HPPKS), Fajar Purwanto, ditemui wartawan mengatakan tuntutan pedagang yakni penyelesaian proyek Pasar Ir. Soekarno yang mangkrak sejak 2012.

Sembari menunggu penyelesaian proyek, Wanto panggilan akrabnya, mengatakan, pedagang ingin menempati GPPPD. Alasannya, kondisi pasar darurat selama ini dinilai kurang representatif. “Pedagang ingin berjualan di eks Gedung Lawa, sebagai pasar darurat,” kata dia.

Namun pengamatan Solopos.com, sekitar pukul 15.00 WIB pengunjuk rasa meninggalkan GPPPD. Mereka kembali ke pasar darurat. Selama menduduki GPPPD, tidak ada satu pun pejabat di Pemkab Sukoharjo yang menemui mereka. “Kami putuskan pulang ke pasar,” sambung dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif