Buku Wikipedia (Ubergizmo.com) Buku Wikipedia (Ubergizmo.com)
Kamis, 27 Februari 2014 06:15 WIB Internasional Share :

Wikipedia Bakal Dibukukan, Pedia Press Galang Dana Rp575 Juta

Solopos.com, NEW YORK – Ensiklopedia online terpopuler di dunia, Wikipedia mengumumkan akan merilis buku tebal yang berisi pembahasan yang telah terverifikasi.  Hal ini dilakukan untuk membuat Wikipedia jadi rujukan terpercaya para akademisi.

Di bidang akademi terutama penelitian buku barangkali jauh lebih dipercaya daripada Wikipedia. Hal ini disebabkan mudahnya mengganti informasi di Wikkipedia. Akses Wikipedia yang bebas membuat banyak pihak dapat menambahkan informasi di ensiklopedia internet itu.

Banyak universitas dan perguruan tinggi yang melarang penggunaan Wikipedia sebagai referensi bagi mahasiswanya. Hal ini cukup disayangkan mengingat Wikipedia dinilai cukup membantu dalam menggali informasi.

Namun hal ini tampaknya akan segera berakhir. Techcrunch, Senin (24/2/2014), Pedia Press berencana menerbitkan Wikipedia dalam bentuk cetak atau hardcopy. Pedia Press menargetkan 1000 buah kamus Wikipedia versi cetak untuk dirilis.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Pedia Press memasukkan proyek ini dalam kampanye Indiegogo dengan target pengumpulan dana sebesar US$50.000 atau sekitar Rp575 juta. Hal ini ditujukan untuk mempublikasikan 1.000 buku.

Rencananya, 1.000 edisi cetak dari Wikipedia bakal hadir dalam warna hitam putih.

Meskipun disambut baik, rencana Pedia Press ini mengundang sejumlah pertanyaan. Salah satunya adalah karakter Wikipedia yang terus berkembang. Versi cetak ini tentu saja akan membuat Wikipedia berhenti diupdate.

Hal lain adalah soal ketebalan buku. Buku serupa sebenarnya telah terlebih dahulu dirintis Rob Matthews. Pria ini membuat versi cetak Wikipedia setelbal 5.000 halaman yang berisi 400 artikel kompilasi di Wikipedia. Buku ini tingginya 47,5 cm.

LOWONGAN PEKERJAAN
WEDHANGAN GULO KLOPO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…