Soloraya
Kamis, 27 Februari 2014 - 22:14 WIB

TSTJ Solo Jodohkan Kirno dengan Peby, Masa Jomblo Orangutan Ini Berakhir

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Orang utan jantan, Kirno dipindahkan oleh petugas dari kandang rehabilitasi Di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Kamis (27/2/2014). Rencananya Kirno akan dijodohkan dengan orang utan betina berumur 8 Tahun, Peby. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Masa penantian Kirno sebagai jomblo akhirnya berakhir. Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo menjodohkan dia dengan Peby. Usia Kirno (jantan) yang sudah 10 tahun dijodohkan dengan Peby (betina) yang berusia 8 tahun.

Peby merupakan orangutan titipan dari salah satu kebun binatang di Sumatra, sementara Kirno adalah sitaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah.

Advertisement

Dihubungi Solopos.com Kamis (27/2/2014) Direktur Operasional TSTJ, Windu Winarso menceritakan prosesi penjodohan itu dilakukan sejak Rabu (26/2/2014).

“Mulai Rabu, Peby kami masukkan pulau [habitat orangutan], karena sebelumnya ia tidak mengenal lingkungan. Baru pada hari ini pukul 10.00 WIB [Kamis], Kirno kami masukkan ke dalam tempat yang sama,” jelas dia.

Windu mengatakan pemilihan Peby untuk dimasukkan ke dalam pulau terlebih dahulu,lantaran Peby sebelumnya berada di karantina.

Advertisement

Sedangkan Kirno, kata dia, sudah menempati habitat itu selama empat bulanan.“Waktu memindahkan Peby dari kandang karantina ke pulau, diawali dengan pembiusan oleh dokter hewan yang dipantau oleh tim,” urainya.

Windu juga menjelaskan sebelum proses penjodohan, timnya telah melakukan pemeriksaan. Hasil pemeriksaan menunjukkan kedua orangutan itu berasal dari rumpun yang sama.

“Dua minggu sebelumnya, kami menempatkan mereka ke dalam satu sel yang berdampingan untuk dikarantina. Mereka membaur dengan baik, saling interaksi,” papar Windu.

Advertisement

Pihaknya berharap mereka nantinya mampu berkembang biak dengan baik.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif