Ilustrasi (JIBI/Dok)
Kamis, 27 Februari 2014 15:05 WIB Redaksi/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Pengadaan Barang di Dishubkominfo Gunungkidul Banyak Main Tunjuk Langsung

Solopos.com, GUNUNGKIDUL—Dari 38 item pengadaan barang dan jasa yang dianggarkan tahun ini, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Gunungkidul memasukkan 24 item di antaranya di mekanisme tunjuk langsung rekanan.

Di antara 24 item itu, ada tunjuk langsung yang nilainya Rp215 juta padahal ada ketentuan anggaran di atas Rp200 juta mesti menggunakan mekanisme lelang terbuka. Satu item bernilai Rp215 juta itu untuk belanja pemeliharaan peralatan pengujian kendaraan bermotor.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dishubkominfo Gunungkidul Sunarjo tidak menyadari ada item pengadaan senilai Rp215 juta.

Ditemui di kantornya, Selasa (25/2/2014), penunjukan langsung tidak melanggar aturan karena nilai proyek masih di bawah Rp200 juta.

“Kalau di atas Rp200 juta kami [Dishubkominfo] lelang,” ujarnya.

Ucapan Sunarjo dibuktikan dengan adanya dua pengadaan dengan sistem lelang elektronik karena nilainya Rp400 juta untuk belanja langganan internet dan Rp850 juta untuk kegiatan pembangunan terminal tipe C di Kecamatan Semin.

Sunarjo menegaskan tidak ada permainan proyek dalam pengadaan barang dan jasa karena semua dilakukan rekanan meskipun lebih dari 50% rencana proyek di tahun ini memanfaatkan sistem tunjuk langsung pihak ketiga.

lowongan pekerjaan
EDITOR MATEMATIKA (Fulltime), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…