Kamis, 27 Februari 2014 23:02 WIB Inggris Share :

JELANG FINAL PIALA LIGA
Peluang Terbaik Manchester City Raih Trofi dengan Kalahkan Sunderland

Solopos.com, WEMBLEY — Manchester City sangat perkasa di Piala Liga Inggris dengan telah membuat 19 gol dari baru kemasukan satu kali hingga babak semifinal. Di sisi lain, Sunderland berharap bisa kembali menghadirkan kejutan.

Minggu (2/3/2014) malam WIB, City punya peluang untuk meraih gelar juaranya musim ini saat berhadapan dengan Sunderland di final Piala Liga Inggris. Duel tersebut akan dihelat di Wembley Stadium.

Dengan catatan hebat yang dipunya di fase-fase sebelumnya, skuat besutan Manuel Pellegrini sangat diunggulkan bisa jadi juara. Catatan statistik yang dilansir detiksport, Samir Nasri dkk. yang berhasil membuat 19 gol, baru kemasukan satu kali dan mencatatkan empat clean sheet dari lima laga yang dijalani.

Tapi Sunderland sudah menunjukkan kalau mereka bukan lawan yang bisa dipandang sebelah mata. Meski di klasemen Premier League masih terpuruk jauh di posisi 18, Sunderland menjadi salah satu dari lima tim Inggris yan berhasil mengalahkan City di musim ini. Pada putaran pertama Premier League, mereka meraih kemenangan 1-0 saat main di kandang.

Berikut data dan fakta City vs Sunderland, sebagaimana dikutip dari Daily Mail:

– Ini merupakan penampilan pertama City di final Piala Liga Inggris setelah yang terakhir di tahun 1976, di mana mereka menundukkan Newcastle United 2-1 dalam laga di Wembley.

– City total sudah tiga kali melangkah ke final Piala Liga Inggris yakni tahun 1970, 1974 dan 1976. Dalam tiga kesempatan tersebut skor akhir yang tercipta adalah 2-1, di mana dua di antaranya berhasil dimenangi City.

– Sunderland sepanjang sejarahnya baru sekali lolos ke final Piala Liga Inggris. Itu terjadi di musim 1984/85 dan mereka kalah 0-1 atas Norwich City.

– Di Piala Liga Inggris, City dan Sunderland sepanjang sejarahnya baru berhadapan satu kali yakni di babak ketiga musim 1979/80. Melalui pertandingan replay, Sunderland menang 1-0.

– Sunderland hanya kalah sekali dalam lima pertemuan terakhir dengan City. The Black Cats meraih tiga kemenangan dan sekali imbang.

– Empat kemenangan terakhir Sunderland atas City terjadi dengan skor 1-0. Termasuk di putaran pertama Premier League musim ini.

– Alvaro Negredo dan Edin Dzeko adalah topskorer sementara Piala Liga Inggris musim ini dengan masing-masing sudah membuat enam gol.

– Sementara itu James Milner menjadi pemain dengan jumlah assist terbanyak kedua di Piala Liga Inggris dengan sudah tiga kali melepaskan umpan yang berujung gol. Dia hanya kalah dari Chris Burke (Birmingham City) yang sudah bikin empat assist.

– Dalam perjalanannya ke final, City mencatatkan empat clean sheet. Sementara Sunderland hanya sekali menjalani laga tanpa kebobolan yakni saat berhadapan dengan Peterborough.

– Sunderland sudah mendapat 19 kartu kuning sepanjang kompetisi musim ini, paling banyak dibanding tim manapun. Sementara City baru dapat enam kartu kuning.

– Manchester City sudah bikin 19 gol dan cuma kemasukan sekali.

– Kali terakhir ada tim yang melangkah ke final dan hanya kemasukan sekali adalah Chelsea di 2006/2007. Ketika itu mereka jadi juara setelah mengalahkan Arsenal 2-1.

– Jika City bisa menjadi juara tanpa kemasukan gol di final, mereka akan menjadi klub pertama yang memenangi kompetisi tersebut dengan hanya kemasukan satu kali. Di musim 2006/2007 Chelsea jadi juara dengan catatan hanya kemasukan dua gol sepanjang kompetisi.

– Sepanjang sejarah Piala Liga Inggris, sudah lima tim berhasil masuk ke final dengan hanya kemasukan satu gol atau kurang. Dari jumlah tersebut cuma satu yang bisa jadi juara.

– Tim terakhir yang mencetak lebih dari 19 gol sebelum sampai final adalah Tottenham Hotspur di musim 2001/02. (JIBI/Solopos)

Manchester City vs Sundherland berhadapan pada semifinal Piala Liga Inggris. Ist/indoprimer.com

Manchester City vs Sundherland berhadapan pada semifinal Piala Liga Inggris. Ist/indoprimer.com

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…