Petugas melayani pasien di RSUD Wates. (Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 27 Februari 2014 14:51 WIB Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

JAMINAN KESEHATAN BPJS
Kamar Penuh, Pasien Bisa Pindah Kelas Gratis

Solopos.com, KULONPROGO—Pasien pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di RSUD Wates dapat dirawat di kelas II hingga kelas VIP tanpa tambahan biaya, selama ruang kelas III di rumah sakit tersebut penuh.

Hal ini menjadi inovasi RSUD Wates yang menerapkan pelayanan rawat inap tanpa kelas bagi keluarga miskin di Kulonprogo.

Direktur RSUD Wates, Lies Indriyati, mengungkapkan, inovasi pelayanan di RSUD Wates ini justru menangkis anggapan orang bahwa pasien BPJS dianaktirikan.

Kenyataannya, pasien BPJS menjadi prioritas utama karena RSUD Wates mengedepankan keluarga miskin.

Menurut dia, RSUD Wates akan menggratiskan keseluruhan biaya rawat inap bagi pasien pemegang BPJS yang tidak dirawat di ruang kelas III atas inisiatif pihak rumah sakit.

“Jadi kalau ada pasien BPJS kelas III dan kehabisan ruangan, rumah sakit akan memindahkan ke ruang kelas II hingga VIP, intinya yang utama adalah penanganan bagi pasien terlebih dulu tanpa memikirkan perbedaan kelas,” jelasnya saat jumpa wartawan memeringati HUT ke-31 RSUD Wates, Rabu (26/2/2014).

Ia menuturkan, rumah sakit tidak akan menarik bayaran selama pemindahan kelas pasien dilakukan rumah sakit, akan tetapi jika atas permintaan pasien tetap akan diminta tambahan biaya sesuai dengan tarif yang berlaku dan BPJS.

LOWONGAN PEKERJAAN
SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…