Jogja
Kamis, 27 Februari 2014 - 13:31 WIB

Bantul Ekspor Udang Vaname ke Korea dan Amerika

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, mengklaim bahwa udang vaname yang dihasilkan kelompok pembudidaya setempat diekspor ke Amerika melalui eksportir di luar daerah.

“Produksi udang vaname Bantul sebagian besar dipasok ke Sidoarjo dan Cirebon, kemudian dari situ ada yang diekspor ke Korea, juga ke Amerika,” kata Kepala Bidang Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bantul, Subiyanto Hadi, Selasa (25/2/2014).

Advertisement

Meski begitu, pihaknya tidak mengetahui data pasti berapa ton udang vaname produksi Bantul yang diekspor ke luar negeri tersebut, karena yang menangani langsung adalah eksportir di Sidoarjo.

Ia mengatakan, perkembangan kelompok pembudidaya udang vaname di Bantul terutama di wilayah pantai selatan dinilai cukup pesat, bahkan sampai saat ini tercatat ada tiga kelompok yang berhasil mengembangkan usaha itu.

“Bahkan dari Dirjen Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) beberapa waktu lalu juga mendatangi kelompok pembudidaya udang vaname di pantai Pandansmio, dan sudah terekpose bahwa Bantul ternyata pemasok udang vaname,” katanya.

Advertisement

Ia mengatakan selama 2013 tiga kelompok yakni kelompok Vaname Lestari di Kecamatan Sanden mampu produksi 42 ton, kemudian kelompok Tirta Anugerah di Pandansimo Srandakan produksi 107 ton, dan Taruna Bahari memproduksi 40 ton.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif